CURAH hujan dengan intensitas tinggi dan luapan aliran sungai menyebabkan bencana banjir di sejumlah titik di Kota dan Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Selasa 1 Februari. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan telekomunikasi dan data tetap beroperasi secara normal.
Meskipun demikian, sebagian kecil wilayah layanan XL Axiata sempat mengalami kendala karena aliran listrik yang padam. Tim XL Axiata di lapangan langsung melakukan upaya pemulihan sesaat setelah layanan terdeteksi terganggu. Tim XL Axiata terus bekerja semaksimal mungkin menjaga jaringan tetap dapat digunakan oleh masyarakat.
Group Head XL Axiata Jabodetabek Region, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan, bencana banjir yang melanda wilayah Kota dan Kabupaten Serang, Banten menyebabkan terputusnya aliran listrik dan akses jalan darat di beberapa area. Hal tersebut berdampak pada operasional BTS di sebagian kecil wilayah yang terdampak banjir, namun secara keseluruhan jaringan XL Axiata di wilayah Serang masih dalam kondisi aman.
“Kami telah menyiapkan antisipasinya, antara lain siap genset dan rekayasa jaringan,” jelas Sofia.
Menurut Sofia, layanan kepada pelanggan tetap berjalan normal karena tim jaringan XL Axiata telah melakukan penguatan dan rekayasa jaringan di sekitar lokasi bencana untuk memastikan masyarakat tetap dapat berkomunikasi. Menurutnya, dalam situasi dan kondisi darurat seperti saat ini, sangat urgen untuk menjaga layanan telekomunikasi dan data bisa tetap beroperasi, karena menjadi sarana utama komunikasi bagi masyarakat, korba, juga aparat yang menangani bencana.
Di wilayah Kota Serang, XL Axiata memiliki lebih dari 890 BTS, sebanyak lebih dari 400 di antaranya adalah 4G LTE. Sementara itu di Kabupaten Serang, terdapat lebih dari 1.500 BTS, dengan lebih dari 650 BTS di antaranya 4G LTE. Di seluruh Provinsi Banten, XL Axiata memiliki total lebih dari 11.100 BTS, dengan lebih dari 5.100 BTS di antaranya 4G LTE.
Karyawan XL Axiata salurkan bantuan
Discussion about this post