ADVERTISEMENT
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
Jumat, Oktober 3, 2025
Matrabisnis
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
MATRA BISNIS
No Result
View All Result
  • About matrabisnis.id
  • ads BW-Media
  • Ads Meikarta
  • Contact Us
  • Galery
  • Home Page
  • Matra Bisnis
  • MB-ads
  • Pedoman Media Cyber
  • Redaksi
ADVERTISEMENT
Home Ekonomi Bisnis

XL Axiata Lanjutkan Kinerja Solid di Semester 1 2024

Matrabisnis by Matrabisnis
10 Agustus 2024
in Ekonomi Bisnis
Reading Time: 3 mins read
A A
ADVERTISEMENT

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata atau Perseroan) berhasil melanjutkan kinerja positif dengan meraih pertumbuhan dan profitabilitas yang solid di sepanjang semester pertama tahun 2024. Perseroan berhasil meraih total pendapatan sebesar Rp 17,06 triliun, tumbuh high single digit sebesar 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (yoy).

EBITDA Rp 8,96 triliun, meningkat 17 persen (yoy), EBITDA Margin mencapai 52,5 persen, dan laba bersih setelah pajak (PAT) Rp 1,03 triliun, meningkat signifikan sebesar 58 persen (yoy).  Pendapatan layanan data dan digital meningkat 10% YoY dan memberikan kontribusi 93 persen dari total pendapatan.

READ ALSO

Resmikan Gedung Main Dealer, Astra Motor Perkuat Layanan di Kalbar

Giat Akselerasi Ekspor 2025 di Pelabuhan Dwikora

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, situasi dan kondisi industri telekomunikasi nasional yang terus semakin menantang serta kompetisi yang berlangsung ketat hingga saat ini, mampu kami respon dengan pencapaian kinerja yang sangat menggembirakan.

“Di periode semester pertama tahun ini, XL Axiata tetap mampu melanjutkan momentum pertumbuhan dan profitabilitas yang kuat dibandingkan hasil pencapaian di periode yang sama tahun lalu, yaitu berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp 1,03 triliun. Angka ini merupakan pencapaian tertinggi selama 10 tahun terakhir,” jelasnya.

Dian menambahkan, salah satu kunci pertumbuhan XL Axiata adalah personalisasi penawaran dan layanan. Hasilnya, data net promoter score (NPS) semakin meningkat secara signifikan, sehingga mendorong penggunaan layanan dan pada akhirnya juga membantu meningkatkan pendapatan. Strategi tersebut masih akan diterapkan di sepanjang tahun 2024 ini.

Hasil dari penerapan strategi berbasis digital melalui data analytics juga memungkinkan XL Axiata berinvestasi di area yang bernilai tinggi dan membangun jaringan, termasuk untuk memenuhi permintaan dari seluruh segmen pelanggan.

ADVERTISEMENT

Dengan data analitik ini juga memungkinkan XL Axiata mengevaluasi key performance indicator (KPI) di semua aspek terkait pelanggan, kampanye pemasaran, dan loyalitas pelanggan, sehingga perusahaan dapat merancang strategi yang tepat untuk menghadapi tantangan dan peluang di waktu yang tepat.

XL Axiata juga meningkatkan penerapan teknologi artificial intelligence (AI) untuk membuka peluang-peluang baru dalam landscape industri telekomunikasi yang sangat dinamis.

Salah satunya adalah guna meningkatkan pengalaman pelanggan, termasuk dalam personalisasi layanan dan pengembangan serta rekomendasi produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan, meningkatkan ketepatan lokasi site BTS, dan untuk meningkatkan efisiensi operasional, termasuk optimasi proses dan pengurangan proses manual.

Operational Excellence Meningkat

Pencapaian kinerja semester pertama 2024 juga tidak terlepas dari keberhasilan perseroan dalam mengoptimalkan penggunaan biaya operasional (OPEX) termasuk menekan beban biaya-biaya operasional menjadi lebih rendah.

ADVERTISEMENT

Total biaya operasional XL Axiata berkurang dibanding periode yang sama tahun lalu. Penurunan biaya operasional terbesar ada pada beban penjualan dan pemasaran (sales and marketing), biaya infrastruktur, dan biaya supplies dan overhead.

“Salah satu beban biaya operasional terbesar dan terus meningkat adalah regulatory cost, beban ini yang kami harap bisa segera mendapat insentif dari pemerintah agar bisa membantu menciptakan industri telekomunikasi yang lebih sehat, sehingga bisa melakukan pembangunan dan penggelaran jaringan secara lebih luas dan memberikan kualitas layanan yang lebih baik kepada pelanggan,” ujar Dian.

Page 1 of 2
12Next
Tags: Dian Siswarinikinerja positifPresiden Direktur & CEO XL AxiataPT XL Axiata Tbk
ADVERTISEMENT
Previous Post

Dukung Kesiapan Operasi IKN, Trafik Layanan Meningkat 300 Persen

Next Post

XL Axiata Pamer Kecanggihan AI

Related Posts

Resmikan Gedung Main Dealer, Astra Motor Perkuat Layanan di Kalbar
Ekonomi Bisnis

Resmikan Gedung Main Dealer, Astra Motor Perkuat Layanan di Kalbar

3 Oktober 2025
Giat Akselerasi Ekspor 2025 di Pelabuhan Dwikora
Ekonomi Bisnis

Giat Akselerasi Ekspor 2025 di Pelabuhan Dwikora

1 Oktober 2025
Transformasi Pegadaian Demi MengEmaskan Indonesia
Ekonomi Bisnis

Transformasi Pegadaian Demi MengEmaskan Indonesia

29 September 2025
70 Tahun CIMB Niaga: Mendampingi Indonesia Wujudkan Mimpi Nasabah dan Masyarakat
Ekonomi Bisnis

70 Tahun CIMB Niaga: Mendampingi Indonesia Wujudkan Mimpi Nasabah dan Masyarakat

28 September 2025
LPS Sesuaikan Tingkat Bunga Penjaminan
Ekonomi Bisnis

LPS Sesuaikan Tingkat Bunga Penjaminan

24 September 2025
5TH IPOSC Penting Bagi Petani Sawit dan Perusahaan
Ekonomi Bisnis

5TH IPOSC Penting Bagi Petani Sawit dan Perusahaan

22 September 2025
Next Post
XL Axiata Pamer Kecanggihan AI

XL Axiata Pamer Kecanggihan AI

Indosat Hadirkan Solusi Sovereign Cloud dan Edge Cloud

Indosat Hadirkan Solusi Sovereign Cloud dan Edge Cloud

Era Baru Telekomunikasi Berbasis Kecerdasan Buatan

Era Baru Telekomunikasi Berbasis Kecerdasan Buatan

Discussion about this post

English   Indonesian

Pos-pos Terbaru

  • Indeks Menabung Konsumen Turun 1,6 Poin
  • Realisasi APBN Kalbar Menunjukkan Kinerja Optimal
  • DJP Kalbar Tekankan Pentingnya Pemanfaatan Aplikasi Coretax
  • Resmikan Gedung Main Dealer, Astra Motor Perkuat Layanan di Kalbar
  • Pesta Akbar Bikers Terbesar, Honda Bikers Day 2025 Dimulai
ADVERTISEMENT

Tentang Matrabisnis.id

Matrabisnis.id adalah media online pengembangan dari media cetak Matra Bisnis yang berbentuk tabloid dan terbit secara mingguan setiap hari Rabu. Matra Bisnis merupakan media cetak pertama di Kalimantan Barat, yang fokus pada berita-berita ekonomi dan terbit perdana pada tahun 2015.

Kategori

  • ADVERTORIAL
  • Bursa
  • Digital
  • Ekonomi Bisnis
  • Entertainment
  • Film
  • Internasional
  • Kedai
  • Kesehatan
  • Komoditi
  • Lifestyle
  • Musik
  • News
  • OPINI
  • Otomotif
  • PROMOTED
  • Properti
  • Sosok
  • Sport
  • Tak Berkategori
  • Tekno
  • Travel

Recent Posts

  • Indeks Menabung Konsumen Turun 1,6 Poin
  • Realisasi APBN Kalbar Menunjukkan Kinerja Optimal
  • DJP Kalbar Tekankan Pentingnya Pemanfaatan Aplikasi Coretax
  • Resmikan Gedung Main Dealer, Astra Motor Perkuat Layanan di Kalbar

Copyright Matra Bisnis @2023

No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti

Copyright Matra Bisnis @2023

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.