ADVERTISEMENT
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
Selasa, Juli 1, 2025
Matrabisnis
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
MATRA BISNIS
No Result
View All Result
  • About matrabisnis.id
  • ads BW-Media
  • Ads Meikarta
  • Contact Us
  • Galery
  • Home Page
  • Matra Bisnis
  • MB-ads
  • Pedoman Media Cyber
  • Redaksi
ADVERTISEMENT
Home Ekonomi Bisnis

Adopsi Teknologi Digital Ampuh Membuat UMKM Bertahan

MenKopUKM Apresiasi Saprahan Khatulistiwa 2022

Matrabisnis by Matrabisnis
5 Juli 2022
in Ekonomi Bisnis
Reading Time: 3 mins read
A A
Pembukaan Saprahan Khatulistiwa 2022, di Pontianak, upaya pemulihan ekonomi dengan menggerakkan UMKM.(dokBI)

Pembukaan Saprahan Khatulistiwa 2022, di Pontianak, upaya pemulihan ekonomi dengan menggerakkan UMKM.(dokBI)

ADVERTISEMENT

ADOPSI teknologi dan inovasi digital, terbukti ampuh membuat UMKM bertahan dan produktif selama pandemi. Di Kalimantan Barat, Bank Indonesia (BI) mendorong percepatan pemulihan ekonomi dengan kegiatan Saprahan Khatulistiwa 2022 yang menampilkan aneka ragam produk UMKM.

Gubernur Kalbar Sutarmidji dan Juda Agung Deputi Gubernur Bank Indonesia mencicip kue buatan UMKM.(BI)

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki turut mengapresiasi Saprahan Khatulistiwa yang diinisiasi oleh BI dan Pemerintah provinsi Kalimantan Barat. Dia berharap akan semakin mempercepat pemulihan ekonomi, khususnya bagi UMKM, pariwisata dan industri keuangan.

READ ALSO

Terobosan Baru Pegadaian: Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas

GIWATA Borneo Expo 2025 X Gebyar Kalbar Dibuka

Menurut Teten, dengan teknologi digital, akses pembiayaan UMKM semakin mudah. Melalui kredit scoring dan manajemen risikonya, penyaluran pinjaman melalui teknologi keuangan (fintech) saat ini telah mencapai Rp 362 triliun kepada lebih dari 13,5 juta penerima. Ekonomi digital Indonesia pada tahun 2020-2030, diperkirakan akan mencapai Rp 5.400 triliun dan menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara.

“Saat ini, sudah ada 19 juta UMKM masuk ke ekosistem digital. Targetnya di tahun 2024 adalah 30 juta UMKM. Serta target 1 juta UMKM on-boarding dalam e-katalog di tahun 2022, dalam rangka kebijakan afirmasi alokasi 40 persen belanja barang Pemerintah untuk produk UMKM,” kata Teten Masduki dalam acara Pembukaan Saprahan Khatulistiwa 2022 di Pendopo Pontianak Kalimantan Barat yang dilakukan secara hybrid dan daring.

ADVERTISEMENT

Hadir langsung di Pontianak, Deputi Gubernur BI Juda Agung, Kepala Perwakilan BI Kalimantan Barat, Agus Chusaini, Gubernur Kalbar Sutarmidji, 14 kepala daerah kabupaten/kota se-Kalbar, dan unsur Forkominda di provinsi ini.

Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno juga memberikan sambutan secara virtual.

ADVERTISEMENT

“Rangkaian kegiatan Saprahan Khatulistiwa diharapkan semakin memperluas akses pembiayaan dan pemasaran UMKM sekaligus menghasilkan inovasi terbaik bagi upaya pemulihan ekonomi Kalimantan Barat,” kata Teten Masduki.

Saprahan Khatulistiwa 2022 di Pontianak.(BI)

Dia meminta kemitraan dan sinergi lintas pemangku kepentingan harus diperkuat, mulai dari hulu yaitu penyiapan kapasitas UMKM dan kualitas produk dengan pendampingan dan perizinan. Hingga hilir, yaitu perluasan pasar UMKM.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung menyebut tiga hal, yang perlu menjadi perhatian dalam upaya mendorong sektor pariwisata dan UMKM.

Pertama perlunya afirmasi keberpihakan pada produk dalam negeri termasuk UMKM serta wisata dalam negeri yang perlu dimaksimalkan.

“Penyediaan dan penggunaan e-katalog UMKM dalam mendukung proses pengadaan harus kita tingkatkan. Tentu saja kualitas dan kuantitas yang diperlukan, harus menjadi perhatian kita bersama. Secara sinergi harus kita lakukan,” tegas Juda.

Ke dua, sinergi dan kolaborasi. Dalam hal ini, seluruh pemangku kepentingan harus bahu-membahu mendorong pelaku kreatif dan UMKM unggulan di masing-masing daerah, guna meningkatkan kualitas produk, memperluas pasar, dan meningkatkan kreativitas dalam menghasilkan karya kreatif yang dapat menarik pasar, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Page 1 of 2
12Next
Tags: Adopsi teknologi dan inovasi digitalDeputi Gubernur Bank IndonesiaGubernur Kalimantan Barat SutarmidjiJuda AgungKepala KPw BI Kalbar Agus Chusainimembuat UMKM bertahan dan produktifMenteri Koperasi dan UKMpandemiSaprahan Khatulistiwa 2022Teten MasdukiUMKM
ADVERTISEMENT
Previous Post

ACT Diduga Selewengkan Dana Umat, Polri Kumpulkan Data

Next Post

Marketplace Ladara Siap Bantu Pasarkan Produk UMKM

Related Posts

Terobosan Baru Pegadaian: Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas
Ekonomi Bisnis

Terobosan Baru Pegadaian: Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas

28 Juni 2025
GIWATA Borneo Expo 2025 X Gebyar Kalbar Dibuka
Ekonomi Bisnis

GIWATA Borneo Expo 2025 X Gebyar Kalbar Dibuka

28 Juni 2025
DJPb Ungkap Kinerja APBN di Kalbar Tetap Ekspansif
Ekonomi Bisnis

DJPb Ungkap Kinerja APBN di Kalbar Tetap Ekspansif

28 Juni 2025
Raih Mimpi Bersama Bank Kalbar, Coffee Shop Ruang Kertjah Sukses
Ekonomi Bisnis

Raih Mimpi Bersama Bank Kalbar, Coffee Shop Ruang Kertjah Sukses

28 Juni 2025
Informa Raih Penghargaan Ritel Furnitur Terbaik di Asia
Ekonomi Bisnis

Informa Raih Penghargaan Ritel Furnitur Terbaik di Asia

28 Juni 2025
Disuport Bank Kalbar, Metro Sport Sukses Tembus Pasar Nasional
Ekonomi Bisnis

Disuport Bank Kalbar, Metro Sport Sukses Tembus Pasar Nasional

27 Juni 2025
Next Post
Marketplace Ladara Siap Bantu Pasarkan Produk UMKM

Marketplace Ladara Siap Bantu Pasarkan Produk UMKM

Tito Karnavian Ditunjuk Jadi Menpan RB ad interim

Tito Karnavian Ditunjuk Jadi Menpan RB ad interim

Minyakita Diluncurkan dengan Harga Rp 14 Ribu

Minyakita Diluncurkan dengan Harga Rp 14 Ribu

Discussion about this post

English   Indonesian

Pos-pos Terbaru

  • Terobosan Baru Pegadaian: Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas
  • SIMPATI Sang Trendsetter Kini Lebih Digital
  • GIWATA Borneo Expo 2025 X Gebyar Kalbar Dibuka
  • DJPb Ungkap Kinerja APBN di Kalbar Tetap Ekspansif
  • Raih Mimpi Bersama Bank Kalbar, Coffee Shop Ruang Kertjah Sukses
ADVERTISEMENT

Tentang Matrabisnis.id

Matrabisnis.id adalah media online pengembangan dari media cetak Matra Bisnis yang berbentuk tabloid dan terbit secara mingguan setiap hari Rabu. Matra Bisnis merupakan media cetak pertama di Kalimantan Barat, yang fokus pada berita-berita ekonomi dan terbit perdana pada tahun 2015.

Kategori

  • ADVERTORIAL
  • Bursa
  • Digital
  • Ekonomi Bisnis
  • Entertainment
  • Film
  • Internasional
  • Kedai
  • Kesehatan
  • Komoditi
  • Lifestyle
  • Musik
  • News
  • OPINI
  • Otomotif
  • PROMOTED
  • Properti
  • Sosok
  • Sport
  • Tak Berkategori
  • Tekno
  • Travel

Recent Posts

  • Terobosan Baru Pegadaian: Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas
  • SIMPATI Sang Trendsetter Kini Lebih Digital
  • GIWATA Borneo Expo 2025 X Gebyar Kalbar Dibuka
  • DJPb Ungkap Kinerja APBN di Kalbar Tetap Ekspansif

Copyright Matra Bisnis @2023

No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti

Copyright Matra Bisnis @2023

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.