ADVERTISEMENT
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
Sabtu, Agustus 9, 2025
Matrabisnis
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
MATRA BISNIS
No Result
View All Result
  • About matrabisnis.id
  • ads BW-Media
  • Ads Meikarta
  • Contact Us
  • Galery
  • Home Page
  • Matra Bisnis
  • MB-ads
  • Pedoman Media Cyber
  • Redaksi
ADVERTISEMENT
Home News

Akses Keuangan Meningkat, Pemahaman Masih Tertinggal

OJK : Anak Muda Indonesia Masih Rentan Perilaku Konsumtif, investasi Bodong dan Pindar

Matrabisnis by Matrabisnis
7 Agustus 2025
in News
Reading Time: 3 mins read
A A
Sekda Kalbar Harisson dan Ketua OJK Kalbar, Rochma Hidayati membuka kegiatan Kick off KEJAR Masif dan Cerdas Berinvestasi Pasar Modal Provinsi Kalimantan Barat di Pontianak, Selasa. (mb)

Sekda Kalbar Harisson dan Ketua OJK Kalbar, Rochma Hidayati membuka kegiatan Kick off KEJAR Masif dan Cerdas Berinvestasi Pasar Modal Provinsi Kalimantan Barat di Pontianak, Selasa. (mb)

ADVERTISEMENT

“Tanpa pemahaman, anak muda rentan menjadi korban kejahatan keuangan digital dan aktivitas keuangan ilegal,” imbuh Rochma.

Berdasarkan data OJK dan Satgas PASTI, dari 2017 hingga Mei 2025, tercatat nominal kerugian masyarakat yang sebagian besar adalah kelompok usia produktif, yang menjadi korban entitas keuangan ilegal mencapai Rp 141 triliun lebih.

READ ALSO

Bentuk Kemampuan Mengelola Keuangan dengan Menabung

Bupati Sambas dan OPD Konsultasi dengan BPKP Kalbar

Rochma menyampaikan, guna mewujudkan Generasi Emas 2045 dan di tengah meningkatnya tantangan keuangan generasi muda—dari perilaku konsumtif hingga jeratan pinjaman daring—pendidikan finansial sejak dini menjadi langkah strategis dan krusial.

“Bukan sekadar teori ekonomi di kelas, tetapi edukasi yang menyatu dengan kehidupan sehari-hari dan mampu membentuk pola pikir jangka panjang,” katanya.

Salah satu pendekatan efektif adalah kampanye budaya menabung yang ditanamkan sejak usia sekolah dasar. Gerakan ini tidak hanya mengajak anak menabung secara rutin, tetapi juga mengenalkan konsep nilai uang, prioritas kebutuhan, dan tujuan finansial. Dengan cara ini, anak-anak belajar menunda kesenangan demi masa depan.

“Inisiatif seperti Program Bank Mini di sekolah menjadi langkah strategis untuk mengampanyekan budaya menabung tersebut, sekaligus menjadi laboratorium nyata literasi keuangan,” ujar Rochma.

Pada program Bank Mini, Siswa dilatih mencatat proses pembukan dan setor Tarik tabungan, memahami bunga tabungan dan layanan basic perbankan, dan bahkan membuat laporan keuangan.

Di sini, nilai-nilai disiplin, transparansi, dan tanggung jawab keuangan tumbuh secara organik. Program ini juga membuka jalan bagi siswa untuk mengenal dunia perbankan dan lembaga keuangan formal secara langsung.

Lebih jauh lagi, pendidikan finansial harus mengarah pada pembentukan investor muda yang cerdas dan beretika. Dengan pemahaman tentang instrumen investasi dasar—dari reksa dana hingga saham—generasi muda bisa memanfaatkan teknologi finansial secara bijak dan menghindari skema bodong. Mereka tidak hanya diajarkan cara mengelola uang, tapi juga bagaimana menumbuhkannya dengan risiko terukur.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

Salah satu upaya pembentukan Investor Muda Cerdas Beretika, yakni melalui pembentukan Galeri Investasi Edukasi (GIE), yang merupakan salah satu program strategis digagas oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda dan pelajar.

Berbeda dari Galeri Investasi di perguruan tinggi, Galeri Investasi Edukasi (GIE) fokus pada pendekatan inklusif sejak usia dini. Program ini memberikan pelatihan dasar pasar modal, simulasi investasi, dan akses informasi terkini yang dikemas secara menarik dan interaktif.**

Page 2 of 2
Prev12
Tags: akses terhadap layanan keuangan meningkatKepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Barat Rochma HidayatiKick off KEJAR Masif dan Cerdas Berinvestasi Pasar Modal Provinsi Kalimantan Baratpemahaman masyarakat masih tertinggal jauh
ADVERTISEMENT
Previous Post

Bentuk Kemampuan Mengelola Keuangan dengan Menabung

Next Post

Indosat Luncurkan Fitur Anti Spam dan Anti Scam

Related Posts

Bentuk Kemampuan Mengelola Keuangan dengan Menabung
News

Bentuk Kemampuan Mengelola Keuangan dengan Menabung

7 Agustus 2025
Bupati Sambas dan OPD Konsultasi dengan BPKP Kalbar
News

Bupati Sambas dan OPD Konsultasi dengan BPKP Kalbar

6 Agustus 2025
Heboh Blokir Rekening, Bank Kalbar Tegaskan Rekening Nasabah Aman
News

Heboh Blokir Rekening, Bank Kalbar Tegaskan Rekening Nasabah Aman

6 Agustus 2025
Aksi Nyata SC Squad AHM Dukung Wisata Hijau di Pesisir Karawang
News

Aksi Nyata SC Squad AHM Dukung Wisata Hijau di Pesisir Karawang

6 Agustus 2025
Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan dengan Pendekatan Budaya
News

Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan dengan Pendekatan Budaya

4 Agustus 2025
Astra Motor Kalbar Tanam Mangrove, Dukung Pelestarian Lingkungan
News

Astra Motor Kalbar Tanam Mangrove, Dukung Pelestarian Lingkungan

3 Agustus 2025
Next Post
Indosat Luncurkan Fitur Anti Spam dan Anti Scam

Indosat Luncurkan Fitur Anti Spam dan Anti Scam

LPS Optimis, Sistem Keuangan Indonesia Tetap Tumbuh

LPS Optimis, Sistem Keuangan Indonesia Tetap Tumbuh

Dinamika Perumda Aneka Usaha Kalbar Butuh Sentuhan Tangan Dingin

Dinamika Perumda Aneka Usaha Kalbar Butuh Sentuhan Tangan Dingin

Discussion about this post

English   Indonesian

Pos-pos Terbaru

  • Dinamika Perumda Aneka Usaha Kalbar Butuh Sentuhan Tangan Dingin
  • LPS Optimis, Sistem Keuangan Indonesia Tetap Tumbuh
  • Indosat Luncurkan Fitur Anti Spam dan Anti Scam
  • Akses Keuangan Meningkat, Pemahaman Masih Tertinggal
  • Bentuk Kemampuan Mengelola Keuangan dengan Menabung
ADVERTISEMENT

Tentang Matrabisnis.id

Matrabisnis.id adalah media online pengembangan dari media cetak Matra Bisnis yang berbentuk tabloid dan terbit secara mingguan setiap hari Rabu. Matra Bisnis merupakan media cetak pertama di Kalimantan Barat, yang fokus pada berita-berita ekonomi dan terbit perdana pada tahun 2015.

Kategori

  • ADVERTORIAL
  • Bursa
  • Digital
  • Ekonomi Bisnis
  • Entertainment
  • Film
  • Internasional
  • Kedai
  • Kesehatan
  • Komoditi
  • Lifestyle
  • Musik
  • News
  • OPINI
  • Otomotif
  • PROMOTED
  • Properti
  • Sosok
  • Sport
  • Tak Berkategori
  • Tekno
  • Travel

Recent Posts

  • Dinamika Perumda Aneka Usaha Kalbar Butuh Sentuhan Tangan Dingin
  • LPS Optimis, Sistem Keuangan Indonesia Tetap Tumbuh
  • Indosat Luncurkan Fitur Anti Spam dan Anti Scam
  • Akses Keuangan Meningkat, Pemahaman Masih Tertinggal

Copyright Matra Bisnis @2023

No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti

Copyright Matra Bisnis @2023

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.