Pada momen RAFI (Ramadan dan Idul Fitri) 2025 , trafik data Telkomsel di wilayah Kalimantan diperkirakan meningkat 12,11 persen dengan total payload mencapai 5.81petabyte pada puncak RAFI. Uji jaringan (drive test), memetakan 27 titik keramaian di wilayah Kalimantan menggunakan pendekatan AI dalam jaringan otonomnya (Autonomous Network), instalasi combat, upgrade capacity, dan optimalisasi terhadap operasional jaringan 4G/LTE telah dilakukan.
MENYAMBUT Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2025, Telkomsel kembali memperkuat perannya sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan pilihan masyarakat Indonesia dengan tema Jadikan Ramadan Terbaikmu.
Tema ini menggambarkan komitmen Telkomsel dalam mendukung upaya terbaik pelanggan di momen penting, dengan layanan digital terdepan dan menjaga konektivitas berteknologi terdepan tanpa batas, menjadikan Ramadan dan Idulfitri lebih bermakna dan inspiratif.
Kesiapan Jaringan di Kalimantan untuk Konektivitas Tanpa Gangguan
General Manager Region Network Operations and Productivity Kalimantan Telkomsel Wendy Adewijaya, menyatakan, melalui komitmen Telkomsel Siaga RAFI 2025, kami ingin memastikan setiap pelanggan terutama di wilayah Kalimantan dapat menikmati momen Ramadan dan Idul Fitri dengan penuh kemudahan, kenyamanan, dan kebahagiaan.

“Ini adalah wujud komitmen kami untuk selalu hadir menyambungkan semangat di setiap langkah dan momen penting bagi masyarakat Indonesia,” tegasnya.
Mengingat pentingnya konektivitas di momen-momen spesial, Telkomsel telah mengoptimalkan seluruh infrastruktur jaringan untuk memastikan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan digital.
Berdasarkan prediksi, trafik data di Kalimantan diperkirakan meningkat hingga 12.11 persen dibanding momen RAFI sebelumnya, dengan total payload mencapai 5.81 petabyte pada puncak RAFI. Uji jaringan (drive test) dengan total jarak 99 km dari Jalan Tol Balikpapan – Samarinda dan Jalan utama Balikpapan – IKN juga telah dilakukan untuk memastikan pengalaman digital pelanggan tetap optimal.
Telkomsel juga telah memetakan 27 titik keramaian di wilayah Kalimantan menggunakan pendekatan AI dalam jaringan otonomnya (Autonomous Network), khususnya untuk menganalisis kebutuhan jaringan secara akurat dan mengantisipasi setiap kemungkinan gangguan secara cepat dan proaktif.
Sebanyak 27 titik keramaian tersebut meliputi 3 area bandara/stasiun/pelabuhan, 3 religion area, 3 residential area, 14 special area yang tersebar di 6 titik keramaian Branch Telkomsel Palangka Raya, 5 titik keramaian Branch Telkomsel Banjarmasin, 4 titik keramaian Branch Telkomsel Balikpapan, serta masing-masing 3 titik keramaian di Branch Telkomsel Pontianak, Branch Telkomsel Samarinda, Branch Telkomsel Tarakan, Branch Telkomsel Pangkalan Bun.
Pada momen ini, Telkomsel juga siap melayani pelanggan dengan jaringan 4G/LTE terluasnya dengan lebih dari 32 ribu BTS 4G/LTE yang mencakup hingga 93% wilayah populasi di Kalimantan.
Selain itu, Telkomsel juga terus memperluas cakupan jaringan 4G secara masif dengan menambah 149 titik 4G baru di wilayah Kalimantan yang tersebar di lebih dari 40 kota/kabupaten, termasuk kawasan industri, perumahan, bandara internasional, pelabuhan, rumah sakit, destinasi wisata prioritas, sampai wilayah pembangunan Ibu Kota Nusantara.
Lebih lanjut Wendy menyampaikan, Telkomsel siap mengamankan jaringan secara maksimal agar pelanggan dapat tetap terhubung dan menikmati momen kebersamaan tanpa gangguan yang berarti.
“Dengan perluasan cakupan 4G secara bertahap, terarah, dan terukur, kami berharap pengalaman pelanggan di titik-titik keramaian jadi semakin optimal,” tuturnya.
Layanan dan Solusi Digital bagi Pelanggan di Kalimantan untuk Sambungkan Semangat
Discussion about this post