XL Axiata Business Solutions terus mengembangkan solusi ICT yang terintegrasi untuk pelanggan korporasi, yang juga memiliki manfaat bagi masyarakat. Solusi yang berhasil dikembangkan adalah Smart Water Meter NB-IoT, yaitu solusi berbasis Internet of Things (IoT) yang mengakomodir pelaku usaha dari berbagai segmen.
Smart Water Meter NB-IoT adalah salah satu solusi berbasis IoT terbaru dari XL Axiata Business Solutions yang diterapkan bersama PT Berkat Air Laut (BAL) untuk memonitor distribusi air bersih bagi warga yang tinggal di area Gili Terawangan dan juga Gili Meno, Lombok Utara.
Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengungkapkan, Smart Water Meter NB-IoTÂ akan membantu PT BAL yang selama ini melakukan monitor air bersih secara manual, dengan mencatat distribusi air bersih ke rumah-rumah. Dengan teknologi NB-IoT, monitoring bisa dilakukan secara real time, dan efisien.
“Kita tahu, bahwa Gili Terawangan dan Gili Meno merupakan salah satu daerah pariwisata yang cukup dikenal hingga manca negara. Untuk itu, kami berharap XL Axiata Business Solutions, dapat menjadi preferred ICT Solutions provider, yang mampu memberikan solusi ICT terbaik, dalam mendukung pelaku industri pariwisata setempat,” kata Feby.
Menurut Feby, hingga saat ini di Gili Terawangan dan Gili Meno masih kesulitan mendapatkan pasokan air tawar bersih. Seluruh sumur yang ada di sana tidak memiliki air tawar, bahkan tingkat keasinannya sama dengan air laut. PT BAL merupakan satu-satunya perusahaan pemasok air tawar bersih di sana.
Discussion about this post