Di sisi lain, interaksi digital pelanggan juga terus meningkat seiring dengan meningkatnya loyalitas dan monetisasi, tercermin pengguna aplikasi myXL, AXISNet, dan mySmartfren yang mencapai 39,1 juta pengguna aktif bulanan, tumbuh sebesar 21 persen (yoy).
Untuk segmen bisnis enterprise, XLSMART melalui XLSMART for Business menghadirkan solusi terintegrasi mencakup konektivitas, TIK, dan layanan digital bagi korporasi serta instansi pemerintah.
Peluncuran ESTA (Enterprise Smart Technology & Automation) pada Juli 2025 menjadi langkah penting dalam menyediakan solusi komprehensif yang mencakup IoT, cloud, keamanan siber, dan otomasi, sekaligus menegaskan posisi XLSMART sebagai mitra ekosistem strategis di luar layanan konektivitas.
Pada segmen bisnis Home, XLSMART melalui XL Satu terus memperkuat posisinya sebagai salah satu penyedia layanan fixed broadband terdepan di Indonesia, dengan basis pengguna mencapai hampir satu juta pelanggan.
Melalui penawaran yang menonjolkan fleksibilitas, harga terjangkau, serta fokus pada segmen keluarga, XL Satu berhasil meningkatkan loyalitas pelanggan sekaligus memperluas penetrasi di pasar rumah tangga.
Posisi keuangan XLSMART sehat per akhir September 2025, utang kotor tercatat di angka Rp 22,50 triliun, dengan rasio gearing net debt to EBITDA (termasuk finance lease) sebesar 3,27x. Utang bersih tercatat sebesar Rp 21,14 triliun. XLSMART tidak memiliki utang berdenominasi USD.
Sebesar 84 persen dari pinjaman yang ada saat ini memiliki suku bunga mengambang (floating) dan 16 persen memiliki suku bunga tetap. Free Cash Flow (FCF) berada pada tingkat yang sehat, dengan peningkatan sebesar 23 persen, menjadi Rp 9,41 triliun.
XLSMART terus melakukan integrasi untuk meningkatkan kualitas jaringan dan pengalaman pelanggan. Hingga akhir September 2025, pengeluaran belanja modal (Capex) mencapai sekitar Rp 4,26 triliun.
Integrasi Jaringan Berjalan Baik, Pengalaman Pelanggan Meningkat
Proses integrasi jaringan terus dilakukan dan berjalan baik, sehingga melalui jaringan terpadu, kecepatan unduh meningkat, pengelolaan trafik menjadi lebih optimal, dan cakupan layanan semakin luas.
Secara keseluruhan, kecepatan unduh pelanggan XL, AXIS, dan Smartfren naik sebesar 71 persen, sementara cakupan populasi pengguna Smartfren bertumbuh 38 persen.
XLSMART berhasil melakukan ekpansi jaringan dengan cepat melalui inisiatif National Roaming dan MOCN, yang membuka keterhubungan dan konektifitas jaringan legacy XL dan Smartfren, sehingga jangkauan jaringan dan layanan XLSMART yang bisa dinikmati oleh pelanggan dan masyarakat menjadi semakin luas (Terdapat tambahan sekitar 192 kota/area di Indonesia yang bisa diakses pengguna Smartfren).
Mengintegrasikan pengelolaan jaringan – Customer Experience & Service Operation Center (CESOC), sehingga pengelolaan jaringan semakin efisien, serta konsolidasi mitra yang mendukung dalam pengelolaan operasional jaringan, dimana XLSMART didukung oleh ZTE dan Huawei.
Di akhir kuartal ketiga 2025, total jumlah BTS XLSMART mencapai lebih dari 209 ribu BTS, meningkat 27 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan total objek yang diintegrasikan mencapai sekitar 15.000 objek. Sementara trafik layanan di periode ini juga mengalami pertumbuhan sebesar 53 persen (yoy), mencapai 3.903 Petabytes.











Discussion about this post