Sementara itu di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur naik 6.49 persen, Bromo Jawa Timur naik 294 persen, Pantai Kuta Badung Bali naik 67 persen, Puncak Bogor 50 persen, Danau Toba naik 106 persen.
Jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL Axiata selama liburan Nataru mencapai sekitar 500 ribu pelanggan, mengalami kenaikan sekitar 7persen dari tahun sebelumnya. Negara yang paling banyak dikunjungi adalah Malaysia.
Streaming mendominasi
Dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Nataru, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusul web browsing dan file access. Untuk trafik layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 28 persen dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik gim meningkat sebesar 49 persen.
Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 6 persen dari hari normal, Instagram, 20 persen. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 18 persen, Tiktok 31 persen. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 11 persen.
Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, mengalami kenaikan sebesar 21 persen dari hari normal. Untuk gim, trafik tertinggi ada pada FreeFire sebesar 105 persen dari hari normal.
Lalu Roblox naik 88 persen dan Mobile Legends, naik 22 persen. Pada layanan streaming film, trafik Vidio naik 137 persen dibandingkan hari normal, Viu, naik 106 persen dan Netflix, naik 98 persen.
Dan seperti biasanya selama masa libur panjang, trafik ke layanan peta juga meningkat. Waze GPS meningkat sebesar 24persen, dan Google Maps meningkat sebesar 18 persen, dan sementara trafik Apple Map sama dengan hari normal.
Untuk layanan XL SATU juga mengalami kenaikan trafik sebesar 5 persen jika dibandingkan dengan hari normal, sedangkan untuk layanan First Media juga mengalami kenaikan sebesar 2 persen. Hal ini disebabkan karena masyarakat juga banyak yang menikmati liburan natal dan tahun baru di rumah.
Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 58,6 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 165 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.
XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.**
Discussion about this post