Sementara itu, jaringan fiber optik XL Axiata sudah siap mendukung pemerintah untuk menggelar layanan telekomunikasi dan internet cepat di IKN. XL Axiata juga telah mengoperasikan SKKL Batam – Serawak yang menghubungkan Malaysia – Indonesia melalui Entikong – Pontianak sejauh 120 km.
Infrastruktur ini akan memperkuat koneksi internet antara Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi dengan kinerja dan latency yang lebih cepat dan berkualitas. Infrastruktur ini sudah beroperasi sejak 1 Juni 2022.
Jaringan kabel optik ini juga menjadi alternatif gateway international yang baru bagi Indonesia menuju Kuching, Serawak, dan Hongkong, serta menambah keragaman dan keandalan koneksi ke beberapa POP/HUB di Asia. Bagi XL Axiata, infrastruktur ini penting untuk bisa mengatasi peningkatan trafik data di masa depan dan menyediakan jaringan berkualitas sehingga bisa memberikan layananan terbaik kepada pelanggan.
Layanan pelanggan di wilayah IKN
Selain fokus meningkatkan kualitas jaringan, XL Axiata juga memastikan layanan pelanggan yang ada di wilayah IKN. Dari sisi layanan pelanggan, XL Axiata telah menyediakan beberapa saluran layanan pelanggan yaitu, XL Center Online dan layanan digital. Layanan ini dapat diakses oleh pelanggan kapan pun, di mana pun secara online dan realtime termasuk di IKN. XL Center Online dapat diakses melalui website: www.xl.co.id/xlcenter.
Selain itu, pelanggan dan masyarakat juga bisa datang ke gerai XL Center untuk bisa mendapatkan layanan secara langsung. Gerai XL Center terdekat dari wilayah IKN ada di Kota Balikpapan yang beralamat di Komplek Ruko BSB, Jalan Jendral Sudirman, dan di Kota Samarinda yang berlokasi di Jalan Bhayangkara.
“Gerai XL Center dan retail outlet juga dapat memberikan kemudahan serta melayani segala kebutuhan komunikasi pelanggan dan masyarakat yang berada di wilayah IKN,” kata Caretaker XL Axiata Kalimantan Area, Sarroso Dwi Panggah.
Pelangggan dan masyarakat di wilayah IKN juga bisa mendapatkan layanan di mitra retail outlet (RO) XL Axiata. Terdapat lebih dari 400 titik RO yang tersebar di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Sementara di dua kota penyangga IKN, terdapat sebanyak lebih dari 440 RO di Balikpapan dan hampir 500 RO di Samarinda.
XL Axiata juga memiliki tim untuk menangani layanan dan keluhan pelanggan (Contact Center) untuk memastikan pelanggan di IKN dapat terlayani secara maksimal, melalui layanan Call Center dan layanan Digital Care Maya yang ada aplikasi myXL dan AXISnet. Pelanggan juga bisa menggunakan kanal digital seperti e-mail, Facebook, Instagram, serta live chat. Layanan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan.**
Discussion about this post