PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara 4 April 2024 – 14 April 2024 di Jabodetabek dan Banten. Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya penurunan trafik layanan data secara rerata di seluruh Jabodetabek dan Banten sebesar 7 persen dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.
Lonjakan trafik tertinggi terjadi di Pandeglang, Banten yaitu mencapai 30 persen. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa berkata, Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini. Kami sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan. Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial kemarin agar bisa segera bergerak jika ada problem.
“Seperti yang sudah kami prediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan,” tuturnya.
“Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16 persen. Selain itu, kami juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis,” jelas Gede.
Sementara itu, Group Head XL Axiata area Jabodetabek dan Banten, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan, dinamika trafik data di Jabodetabek saat Lebaran selalu unik karena jutaan warganya mengisi liburan Lebaran di kampung halaman di luar daerah. Karena itu tidak mengherankan di sejumlah area trafik mengalami penurunan, dibandingkan hari-hari normal, terutama DKI Jakarta dan area perkotaan lainnya.
“Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,”ucapnya.
Kenaikan/turun trafik XL Axiata tertinggi di wilayah Jabodetabek selama periode Lebaran 2024 terjadi di Kabupaten Kepulauan Seribu, naik sebesar 12 persen, Kota Jakarta Selatan, turun sebesar 24 persen, Kota Jakarta Utara, turun sebesar 26 persen, Kota Jakarta Pusat, turun sebesar 29 persen, Kota Jakarta Timur, turun sebesar 16 persen dan Kota Jakarta Barat, turun sebesar 25 persen.
Kenaikan/penurunan trafik di Banten : Kabupaten Pandeglang, naik sebesar 30 persen, Lebak, naik sebesar 27 persen, Kabupaten Serang, naik sebesar 15 persen, Kota Serang, naik sebesar 1 persen, Kota Tangerang, turun 17 persen, Kota Tangerang Selatan, turun 15 persen, Kabupaten Tangerang, turun 3 persen dan Kota Cilegon, turun sebesar 1 persen.
Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini, bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59 persen, disusul oleh web browsing sebesar 18 persen dan social media 15 persen.
Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rerata hingga 135 persen, YouTube naik 17 persen, TikTok 14 persen, Netflix naik 42 persen, dan Spotify naik 23 persen. Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59 persen. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25 persen dan Meta (Facebook) 15 persen.
Discussion about this post