ADVERTISEMENT
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
Minggu, Juli 20, 2025
Matrabisnis
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
MATRA BISNIS
No Result
View All Result
  • About matrabisnis.id
  • ads BW-Media
  • Ads Meikarta
  • Contact Us
  • Galery
  • Home Page
  • Matra Bisnis
  • MB-ads
  • Pedoman Media Cyber
  • Redaksi
ADVERTISEMENT
Home Digital

Libur Ramadan dan Lebaran 2024 Jaringan XL Axiata Aman Terkendali

Kenaikan Trafik Tertinggi di Jabodetabek dan Banten Capai 30 persen

Matrabisnis by Matrabisnis
20 April 2024
in Digital
Reading Time: 4 mins read
A A
ADVERTISEMENT

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara 4 April 2024 – 14 April 2024 di Jabodetabek dan Banten. Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya penurunan trafik layanan data secara rerata di seluruh Jabodetabek dan Banten sebesar 7 persen dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Lonjakan trafik tertinggi terjadi di Pandeglang, Banten yaitu mencapai 30 persen. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.

READ ALSO

Akses Layanan Pelanggan Smartfren Kini Lebih Fleksibel

Telkomsel Hadirkan Studio Universal di IndiHome TV

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa berkata, Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini.  Kami sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan. Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial kemarin agar bisa segera bergerak jika ada problem.

“Seperti yang sudah kami prediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan,” tuturnya.

“Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16 persen. Selain itu, kami juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis,” jelas Gede.

Sementara itu, Group Head XL Axiata area Jabodetabek dan Banten, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan, dinamika trafik data di Jabodetabek saat Lebaran selalu unik karena jutaan warganya mengisi liburan Lebaran di kampung halaman di luar daerah. Karena itu tidak mengherankan di sejumlah area trafik mengalami penurunan, dibandingkan hari-hari normal, terutama DKI Jakarta dan area perkotaan lainnya.

ADVERTISEMENT

“Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,”ucapnya.

Kenaikan/turun trafik XL Axiata tertinggi di wilayah Jabodetabek selama periode Lebaran 2024 terjadi di Kabupaten Kepulauan Seribu, naik sebesar 12 persen, Kota Jakarta Selatan, turun sebesar 24 persen, Kota Jakarta Utara, turun sebesar 26 persen, Kota Jakarta Pusat, turun sebesar 29 persen, Kota Jakarta Timur, turun sebesar 16 persen dan Kota Jakarta Barat, turun sebesar 25 persen.

Kenaikan/penurunan trafik di Banten : Kabupaten Pandeglang, naik sebesar 30 persen, Lebak, naik sebesar 27 persen, Kabupaten Serang, naik sebesar 15 persen, Kota Serang, naik sebesar 1 persen, Kota Tangerang, turun 17 persen, Kota Tangerang Selatan, turun 15 persen, Kabupaten Tangerang, turun 3 persen dan Kota Cilegon, turun sebesar 1 persen.

ADVERTISEMENT

Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini, bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59 persen, disusul oleh web browsing sebesar 18 persen dan social media 15 persen.

Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rerata hingga 135 persen, YouTube naik 17 persen, TikTok 14 persen, Netflix naik 42 persen, dan Spotify naik 23 persen. Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59 persen. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25 persen dan Meta (Facebook) 15 persen.

Page 1 of 2
12Next
Tags: Direktur & Chief Technology Officer XL AxiataGroup Head XL Axiata area Jabodetabek dan Banteni gede darmayusapeningkatan trafikRamadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 HRd. Sofia Purbayanti
ADVERTISEMENT
Previous Post

Tips #Cari_aman Berkendara di Hari Kartini

Next Post

Telkomsel Catat Peningkatan Mobile Gaming Hingga 78.51 Persen

Related Posts

Akses Layanan Pelanggan Smartfren Kini Lebih Fleksibel
Digital

Akses Layanan Pelanggan Smartfren Kini Lebih Fleksibel

19 Juli 2025
Telkomsel Hadirkan Studio Universal di IndiHome TV
Digital

Telkomsel Hadirkan Studio Universal di IndiHome TV

19 Juli 2025
Telkomsel, TikTok, dan GoPay Luncurkan SIMPATI TikTok
Digital

Telkomsel, TikTok, dan GoPay Luncurkan SIMPATI TikTok

16 Juli 2025
XLSMART Kembali Raih Tiga Penghargaan
Digital

XLSMART Kembali Raih Tiga Penghargaan

13 Juli 2025
XL PRIORITAS dan Samsung Tawarkan Bundling Eksklusif
Digital

XL PRIORITAS dan Samsung Tawarkan Bundling Eksklusif

12 Juli 2025
Indosat Business Luncurkan Vision AI
Digital

Indosat Business Luncurkan Vision AI

10 Juli 2025
Next Post
Telkomsel Catat Peningkatan Mobile Gaming Hingga 78.51 Persen

Telkomsel Catat Peningkatan Mobile Gaming Hingga 78.51 Persen

Selama Libur Lebaran, Kenaikan Trafik Tertinggi di Kalimantan Capai 40 Persen

Selama Libur Lebaran, Kenaikan Trafik Tertinggi di Kalimantan Capai 40 Persen

BPKP Jaga Reputasi dan Integritas

BPKP Jaga Reputasi dan Integritas

Discussion about this post

English   Indonesian

Pos-pos Terbaru

  • Akses Layanan Pelanggan Smartfren Kini Lebih Fleksibel
  • Bank Kalbar Siap Kawal Digitalisasi Keuangan
  • Telkomsel Hadirkan Studio Universal di IndiHome TV
  • Pemerintah Inggris Dukung Hak Digital Inklusif Penyandang Disabilitas Indonesia
  • Informa Berikan Jaminan Harga Termurah
ADVERTISEMENT

Tentang Matrabisnis.id

Matrabisnis.id adalah media online pengembangan dari media cetak Matra Bisnis yang berbentuk tabloid dan terbit secara mingguan setiap hari Rabu. Matra Bisnis merupakan media cetak pertama di Kalimantan Barat, yang fokus pada berita-berita ekonomi dan terbit perdana pada tahun 2015.

Kategori

  • ADVERTORIAL
  • Bursa
  • Digital
  • Ekonomi Bisnis
  • Entertainment
  • Film
  • Internasional
  • Kedai
  • Kesehatan
  • Komoditi
  • Lifestyle
  • Musik
  • News
  • OPINI
  • Otomotif
  • PROMOTED
  • Properti
  • Sosok
  • Sport
  • Tak Berkategori
  • Tekno
  • Travel

Recent Posts

  • Akses Layanan Pelanggan Smartfren Kini Lebih Fleksibel
  • Bank Kalbar Siap Kawal Digitalisasi Keuangan
  • Telkomsel Hadirkan Studio Universal di IndiHome TV
  • Pemerintah Inggris Dukung Hak Digital Inklusif Penyandang Disabilitas Indonesia

Copyright Matra Bisnis @2023

No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti

Copyright Matra Bisnis @2023

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.