Pencapaian ini diperkuat oleh pertumbuhan pelanggan berkualitas yang menghasilkan peningkatan Pendapatan Rata-rata Per Pengguna (Average Revenue Per User, ARPU) gabungan pada kuartal pertama tahun 2023 yang mencapai Rp 32,9 ribu, naik dari Rp 32,0 ribu pada periode yang sama tahun sebelumnya.
Dengan basis pelanggan berkualitas yang semakin berkembang, lalu lintas data mengalami kenaikan 17,3 persen (yoy) pada kuartal pertama 2023 menjadi 3.375,7 Petabyte (PB).
Bersamaan dengan itu, Indosat semakin memperluas infrastruktur jaringannya ke seluruh Tanah Air dengan jumlah BTS 4G yang bertambah 26,7 persen (yoy) menjadi 152 ribu BTS 4G untuk melayani trafik data yang terus tumbuh pesat.
Pada kuartal pertama 2023 ini tercatat penyerapan Capital Expenditure (CAPEX) meningkat 2,9 persen (yoy) menjadi Rp 2.443,3 miliar. Sekira 91,4 persen dari CAPEX tersebut, dialokasikan untuk memperkuat bisnis seluler dan mendukung permintaan layanan data yang semakin tinggi, sedangkan sisanya dialokasikan untuk pengembangan MIDI, infrastruktur, dan IT.
Di akhir Maret lalu Indosat juga telah berhasil mencapai 100 persen dalam mengintegrasikan jaringannya menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN) yang dilakukan di lebih dari 46 ribu sites di seluruh Indonesia.
Saat ini seluruh pelanggan Indosat sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas, dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik dengan tambahan 32 persen populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga 2 kali lipat.
Tidak hanya itu, kecepatan unduh dan latensi jaringan Indosat yang lebih baik mampu meningkatkan sekitar 20 persen pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming.
“Dengan jaringan kami yang sudah 100 persen terintegrasi, sekarang kami dapat memaksimalkan kekuatan spektrum frekuensi kami. Jangkauan jaringan yang semakin luas dan pengalaman internet yang semakin cepat akan terus membuka berbagai potensi masyarakat, terutama di bagian timur Indonesia,” kata Vikram.
“Kami di Indosat berkomitmen penuh untuk memberikan pengalaman mengesankan kepada pelanggan kami, dan menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia,” katanya lagi.**
Discussion about this post