ADVERTISEMENT
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
Selasa, Juli 1, 2025
Matrabisnis
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
MATRA BISNIS
No Result
View All Result
  • About matrabisnis.id
  • ads BW-Media
  • Ads Meikarta
  • Contact Us
  • Galery
  • Home Page
  • Matra Bisnis
  • MB-ads
  • Pedoman Media Cyber
  • Redaksi
ADVERTISEMENT
Home News

Natal dan Tahun Baru 2023 Trafik Data XL Naik 50 Persen

Matrabisnis by Matrabisnis
4 Januari 2023
in News
Reading Time: 3 mins read
A A
Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS di Kawasan Wisata Puncak, Kabupaten Bogor.(ist)

Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS di Kawasan Wisata Puncak, Kabupaten Bogor.(ist)

ADVERTISEMENT

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Dari monitoring antara 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, rerata trafik  layanan pada periode Natal dan Tahun Baru naik sebesar 8 persen dibandingkan hari normal dan 29 persen dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 50 persen dibandingkan kondisi hari normal. Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 2 persen dan SMS sebesar 5 persen dibandingkan hari biasa.

READ ALSO

Bank Kalbar dan Taspen Gencarkan Sosialisasi Digitalisasi Layanan Pensiun

Penipuan Semakin Marak, Masyarakat Diminta Waspada

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengungkapkan, jauh-jauh hari XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2023.

Ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2022, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru.

ADVERTISEMENT

“Dan seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru di tengah situasi pandemi yang sudah semakin terkendali sehingga masyarakat bebas untuk bepergian ke mana pun,” tutur Gede Darmayusa.

Kata Gede, XL Axiata juga bersyukur selama  periode liburan tersebut, jaringan tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti, karena sebelumnya sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif. Di antaranya berupa peningkatan kapasitas hingga dua kali lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Data XL Axiata juga menunjukkan, tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Meski tak ada pembatasan perjalanan lagi, trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya, tetap menunjukkan kenaikan sekitar 8 persen dibandingkan hari normal. Kota dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Garut, naik 29 persen, lalu Kabupaten Cianjur, naik 26 persen, Kabupaten Bogor, 24 persen.

ADVERTISEMENT

Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY dengan kenaikan hingga 22 persen, selanjutnya provinsi Bali, NTT, NTB sebesar 21 persen dan berikutnya propinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah 19 persen.

Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Bali, trafik data naik hingga 21 persen dibandingkan hari normal. Di alun alun Solo naik hingga 90 persen, Lombok naik 25 persen.

Jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL Axiata selama liburan Nataru mencapai sekitar 300 ribu pelanggan. Negara yang paling banyak dikunjungi Malaysia, Kamboja dan Singapura.

Page 1 of 2
12Next
Tags: Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiatai gede darmayusanaikNataruTahun BaruXL axiata
ADVERTISEMENT
Previous Post

PLN Berhasil Relokasi Pembangkit dan Siap Beroperasi

Next Post

Gaji Lima Juta Sebulan Kena Pajak 5 Persen Setahun

Related Posts

Bank Kalbar dan Taspen Gencarkan Sosialisasi Digitalisasi Layanan Pensiun
News

Bank Kalbar dan Taspen Gencarkan Sosialisasi Digitalisasi Layanan Pensiun

25 Juni 2025
Penipuan Semakin Marak, Masyarakat Diminta Waspada
News

Penipuan Semakin Marak, Masyarakat Diminta Waspada

24 Juni 2025
Beri Informasi Menyesatkan, OJK Cabut Izin Waperd
News

OJK Cabut Izin Usaha PT Sarana Sulteng Ventura

24 Juni 2025
AHM Gandeng Puluhan Sekolah Jaga Warisan Budaya Indonesia
News

AHM Gandeng Puluhan Sekolah Jaga Warisan Budaya Indonesia

24 Juni 2025
Majelis Huffadz dan Literasi Ekonomi Dorong Ekonomi Syariah
News

Majelis Huffadz dan Literasi Ekonomi Dorong Ekonomi Syariah

23 Juni 2025
124 Anak Ikuti Khitanan Massal Pegadaian Pontianak, Langkah Emas Anak Sholeh
News

124 Anak Ikuti Khitanan Massal Pegadaian Pontianak, Langkah Emas Anak Sholeh

22 Juni 2025
Next Post
Gaji Lima Juta Sebulan Kena Pajak 5 Persen Setahun

Gaji Lima Juta Sebulan Kena Pajak 5 Persen Setahun

PLN Salurkan BPBL kepada 80 Ribu Lebih Rumah Tangga

PLN Salurkan BPBL kepada 80 Ribu Lebih Rumah Tangga

Lebih Praktis, Warga Mulai Beralih Gunakan Motor Listrik

Lebih Praktis, Warga Mulai Beralih Gunakan Motor Listrik

Discussion about this post

English   Indonesian

Pos-pos Terbaru

  • Terobosan Baru Pegadaian: Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas
  • SIMPATI Sang Trendsetter Kini Lebih Digital
  • GIWATA Borneo Expo 2025 X Gebyar Kalbar Dibuka
  • DJPb Ungkap Kinerja APBN di Kalbar Tetap Ekspansif
  • Raih Mimpi Bersama Bank Kalbar, Coffee Shop Ruang Kertjah Sukses
ADVERTISEMENT

Tentang Matrabisnis.id

Matrabisnis.id adalah media online pengembangan dari media cetak Matra Bisnis yang berbentuk tabloid dan terbit secara mingguan setiap hari Rabu. Matra Bisnis merupakan media cetak pertama di Kalimantan Barat, yang fokus pada berita-berita ekonomi dan terbit perdana pada tahun 2015.

Kategori

  • ADVERTORIAL
  • Bursa
  • Digital
  • Ekonomi Bisnis
  • Entertainment
  • Film
  • Internasional
  • Kedai
  • Kesehatan
  • Komoditi
  • Lifestyle
  • Musik
  • News
  • OPINI
  • Otomotif
  • PROMOTED
  • Properti
  • Sosok
  • Sport
  • Tak Berkategori
  • Tekno
  • Travel

Recent Posts

  • Terobosan Baru Pegadaian: Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas
  • SIMPATI Sang Trendsetter Kini Lebih Digital
  • GIWATA Borneo Expo 2025 X Gebyar Kalbar Dibuka
  • DJPb Ungkap Kinerja APBN di Kalbar Tetap Ekspansif

Copyright Matra Bisnis @2023

No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti

Copyright Matra Bisnis @2023

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.