Menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan 4G untuk mengantisipasi lonjakan trafik di Provinsi Banten. Setiap tahun, masyarakat Banten memanfaatkan masa panjang libur Nataru dengan berwisata ke berbagai daerah di provinsi tersebut.
Penguatan jaringan data ini merupakan upaya XL Axiata untuk memastikan layanan kepada pelanggan tetap maksimal di kala musim liburan panjang. Di Provinsi Banten, saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau sedikitnya 1.535 desa dan 155 kecamatan di 8 kabupaten/kota.
Group Head XL Axiata Region Jabodetabek, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan, pada dasarnya, penguatan jaringan yang XL Axiata lakukan tidak hanya sekadar untuk antisipasi lonjakan trafik saat libur panjang Natal dan Tahun Baru, namun kami memang secara terus menerus akan memperkuat jaringan ke semua area layanan di Banten seiring dengan peningkatan trafik telekomunikasi dan data.
“Penguatan jaringan yang dilakukan berupa peningkatan kapasitas dan fiberisasi. Untuk penguatan jaringan di area-area wisata di Banten juga sebagai upaya untuk mendukung kelancaran program Bangga Berwisata diIndonesiaAja (BBWI) yang sedang digalakkan oleh pemerintah,” jelas Sofia.
Di Provinsi Banten, saat ini infrastruktur jaringan XL Axiata ditopang oleh lebih dari 9.000 BTS, termasuk lebih dari 5.600 BTS 4G. Untuk mengantisipasi kenaikan trafik selama libur panjang Nataru, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat lebih besar dari hari normal.
Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan tidak kurang dari 14 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah yang menjadi pusat kerumunan seperti bandar udara, pelabuhan dan tempat wisata.
XL Axiata juga menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS. “Untuk itu, tim kami di lapangan akan standby 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata – Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta,” kata Sofia.
Discussion about this post