Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan tidak kurang dari 15 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah yang menjadi pusat kerumunan seperti bandar udara, terminal bus, pelabuhan laut, dan tempat wisata.
XL Axiata juga menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS. Untuk itu, tim Axiata di lapangan akan bersiaga 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata – Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC), yang berada di kantor pusat di Jakarta.
Menurut Sofia, XL Axiata memprediksi kenaikan trafik data selama Nataru di wilayah Jabodetabek akan mencapai sekitar 2-3x lipat dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi hari normal hari biasa. Pelanggan akan banyak menggunakan beragam layanan data, terutama media sosial guna berbagi konten. Pelanggan juga diprediksi akan lebih banyak mengakses layanan streaming baik video, musik, maupun gim, yang memerlukan kapasitas besar.
XL Axiata memberikan perhatian di area wisata populer yang biasanya ramai dikunjungi masyarakat. Beberapa di antaranya adalah Kawasan Puncak, Taman Impian Jaya Ancol, Pantai Pasir Putih di Pantai Indah Kapuk, Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan, pusat perbelanjaan, dan juga wisata bahari di Kepulauan Seribu.
Selain itu, penguatan jaringan juga dilakukan di pusat keramaian di perkotaan, Pelabuhan Tanjung Priok, Bandara Halim Perdana Kusuma dan jalan tol dalam kota, jalan tol lingkar luar yang terhubung dengan Tangerang – Merak, dan jalan tol ke Bandara Soekarno Hatta, jalan tol baru Serpong-Balaraja serta jalan tol Jagorawi dan jalan Tol Cikampek. **
Editor : Yuli.S
Discussion about this post