Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 yang digelar pada 27 hingga 30 Juli 2023 secara hybrid di Jakarta, mencatat kegiatan Business Matching (BM) Ekspor KKI 2023 mencapai Rp 207,3 miliar, yang terdiri dari realisasi ekspor dan penandatanganan kesepakatan bisnis.
Pencapaian tersebut terkerek 21,5 persen (yoy) dari pencapaian Business Matching Ekspor pada KKI 2022. Pada perhelatan KKI 2023 ini juga telah berhasil diperoleh omset penjualan online hingga siang Minggu pukul 12.00 WIB sebesar Rp 68,2 miliar dan penjualan offline sebesar Rp 12,2 miliar. Penjualan ini masih akan meningkat hingga akhir pameran KKI 2023 pada malam harinya.
“KKI 2023 merupakan panggung UMKM bersama yang diharapkan dapat memacu motivasi pelaku UMKM untuk semakin meningkatkan kreativitas, inovasi, dan semangat untuk terus tumbuh menjadi UMKM Indonesia Naik Kelas, Go Global, Go Export yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” tutur Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung.
Dia menyampaikan, apresiasi kepada seluruh Kementerian, Lembaga, Instansi, penggiat UMKM, serta seluruh pelaku UMKM yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung, sehingga KKI 2023 berjalan dengan baik.
Kegiatan KKI yang merupakan hasil sinergi erat antara Bank Indonesia bersama Kementerian/Lembaga, asosiasi, industri, aggregator dan potential buyer. Menampilkan 19 event yang terdiri dari seremoni pembukaan, selebrasi 1000 UMKM naik kelas, 3 Pagelaran Karya Kreatif (fashion show), Hall of Inspiration (HOI), 4 rangkaian business matching ekspor dan pembiayaan, 4 talk show, 3 event Pesona Kopi Nusantara, serta pameran produk UMKM offline dan online, creative makerspace, ruang interaksi bersinergi dengan Kementerian/Lembaga, dan ruang edukasi (Perlindungan Konsumen dan Cinta Bangga Rupiah).
Discussion about this post