ADVERTISEMENT
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
Jumat, November 28, 2025
Matrabisnis
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
MATRA BISNIS
No Result
View All Result
  • About matrabisnis.id
  • ads BW-Media
  • Ads Meikarta
  • Contact Us
  • Galery
  • Home Page
  • Matra Bisnis
  • MB-ads
  • Pedoman Media Cyber
  • Redaksi
ADVERTISEMENT
Home Ekonomi Bisnis

Kinerja XL Axiata Tetap Tumbuh di Tengah Kondisi Ekonomi yang Berat

Pendapatan Rp 25 Triliun, Laba Rp 1,3 Triliun

Matrabisnis by Matrabisnis
8 November 2024
in Ekonomi Bisnis
Reading Time: 4 mins read
A A
ADVERTISEMENT

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil melanjutkan tren pertumbuhan profitabilitas di sepanjang 9 bulan pertama 2024. Meskipun tidak mudah, pada periode ini, tercatat pendapatan XL Axiata tetap tumbuh 6 persen (yoy) menjadi Rp 25,37 triliun, EBITDA tumbuh 13 persen (yoy) menjadi Rp 13,3 triliun, dan EBITDA Margin menjadi 52,4 persen. Sementara itu, laba bersih mencapai Rp 1,33 trillun.

Pada periode ini, pendapatan data dan layanan digital mencapai Rp 23,38 triliun, atau sekitar 92 persen dari total pendapatan. Manajemen XL Axiata juga sangat optimis dengan masa depan bisnis layanan Fixed Broad Band (FBB) dan Fixed Mobile Convergence (FMC) di mana bisnis tersebut terus menunjukkan pertumbuhan yang sangat positif.

READ ALSO

Permintaan Tinggi, Kebun Kelapa Kini Lebih Untung dari Sawit

Kinerja Perbankan Tetap Solid Hingga Akhir 2025

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, sepanjang sembilan bulan terutama di kuartal ketiga 2024, situasi dan kondisi industri telekomunikasi nasional sangat menantang, di mana kompetisi berlangsung ketat, di tengah daya beli masyarakat yang terus melemah.

Namun, kami tetap mampu meraih kinerja yang cukup baik, dengan tetap mampu mencetak tingkat profitabilitas yang tumbuh positif. Tantangan ke depan tentunya tidak akan lebih ringan, terutama kondisi ekonomi Indonesia yang masih akan terpengaruh oleh kondisi geopolitik dunia, serta tingkat daya beli masyarakat yang masih lemah. Kami akan terus bekerja keras untuk tetap menjaga pertumbuhan kinerja di periode yang akan datang, dan kami yakin akan mampu melakukannya,”tuturnya.

Dian menambahkan, berbagai inisiatif akan terus XL Axiata lakukan untuk mendapatkan sumber pendapatan baru yang bisa diandalkan di masa mendatang. Salah satunya adalah melalui layanan internet rumah.

ADVERTISEMENT

Untuk itu, XL Axiata terus mendorong dan mengakselerasi pertumbuhan bisnis layanan internet rumah FBB yang hingga saat ini terus menunjukkan potensi sangat menggembirakan. Apalagi XL Axiata juga telah mengakuisisi 750 ribu pelanggan First Media, sehingga saat ini memilki pelanggan FBB secara keseluruhan mencapai lebih dari 1 juta pelanggan.

Dian menyebut, dengan penambahan pelanggan First Media tersebut, menjadikan XL Axiata sebagai penyedia layanan Internet kedua terbesar di Indonesia, dengan cakupan jaringan FBB sebanyak enam juta home passed yang tersebar di lebih dari 127 kota di berbagai wilayah di Indonesia.

ADVERTISEMENT

“Saat ini kami juga menawarkan akses ke berbagai konten hiburan yang bisa dinikmati pelanggan sebagai wujud layanan di luar FBB (beyond Fixed Broadband) dan siap untuk membawa layanan konvergensi ke level berikutnya,” katanya.

Hingga akhir September 2024, total jumlah pelanggan XL Axiata terus tumbuh dan mencapai 58,6 juta, dengan ARPU campuran (blended) mencapai Rp 43 ribu, meningkat  YoY. Peningkatan blended ARPU ini tentunya searah dengan fokus perusahaan untuk meraih dan mempertahankan pelanggan yang produktif.

Dari sisi biaya-biaya operasional, XL Axiata berhasil menjaga tingkat stabilitasnya. Bahkan biaya terkait penjualan dan pemasaran bisa ditekan menurun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, seiring dengan penerapan strategi digitalisasi.

Sementara itu untuk beberapa komponen biaya lainnya turun secara YoY, seperti biaya interkoneksi dan pengeluaran langsung lainnya. Sedangkan untuk beban biaya regulatory mengalami peningkatan secara tahunan (yoy). Secara keseluruhan, beban biaya operasional (yoy) bisa dipertahankan di bawah pertumbuhan pendapatan.

Selanjutnya, strategi transformasi digital yang dijalankan XL Axiata termasuk dalam mengembangkan pengalaman pelanggan melalui aplikasi MyXL dan AXISNet terus menunjukkan efektivitasnya. Kedua aplikasi telah memberikan hasil yang sangat kuat hingga sembilan bulan pertama 2024.

Tercatat lebih dari 32 juta pelanggan yang aktif menggunakan MyXL dan AXISNet, dengan pertumbuhan Monthly Active User (MAU) telah mencapai 113 persen sejak Desember 2021.

Page 1 of 2
12Next
Tags: pendapatan XL Axiata tetap tumbuh 6 persen (yoy)Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarinitren pertumbuhan profitabilitasXL Axiata Tbk (XL Axiata)
ADVERTISEMENT
Previous Post

XL Axiata Raih Penghargaan Tertinggi di Stellar Workplace Award 2024

Next Post

Bawa Indonesia ke Posisi 4 IATC 2024, Modal Ramadhipa Tampil Kencang di seri Penutup ARRC

Related Posts

Permintaan Tinggi, Kebun Kelapa Kini Lebih Untung dari Sawit
Ekonomi Bisnis

Permintaan Tinggi, Kebun Kelapa Kini Lebih Untung dari Sawit

27 November 2025
Peraturan Devisa Hasil Ekspor SDA Diharap Menarik Minat Eksportir
Ekonomi Bisnis

Kinerja Perbankan Tetap Solid Hingga Akhir 2025

27 November 2025
Usaha Sarapan Pagi Semakin Beraroma Berkat KUR Bank Kalbar
Ekonomi Bisnis

Usaha Sarapan Pagi Semakin Beraroma Berkat KUR Bank Kalbar

25 November 2025
Dengan KUR Bank Kalbar, Toko Sembako Monika Semakin Ramai
Ekonomi Bisnis

Dengan KUR Bank Kalbar, Toko Sembako Monika Semakin Ramai

25 November 2025
Dari Ruang Kecil, Bank Kalbar Kembangkan Rumah Makan Eli
Ekonomi Bisnis

Dari Ruang Kecil, Bank Kalbar Kembangkan Rumah Makan Eli

25 November 2025
Dukung Kilang Balikpapan, Bakal Sumbang 25 Persen BBM Nasional
Ekonomi Bisnis

Dukung Kilang Balikpapan, Bakal Sumbang 25 Persen BBM Nasional

22 November 2025
Next Post
Bawa Indonesia ke Posisi 4 IATC 2024, Modal Ramadhipa Tampil Kencang di seri Penutup ARRC

Bawa Indonesia ke Posisi 4 IATC 2024, Modal Ramadhipa Tampil Kencang di seri Penutup ARRC

Spesial Member dan Bank Partner, Informa Kasih Promo #pastiWOW

Spesial Member dan Bank Partner, Informa Kasih Promo #pastiWOW

Pasar Modal Indonesia Gelar CMSE 2024: #AkuInvestorSaham

Pasar Modal Indonesia Gelar CMSE 2024: #AkuInvestorSaham

Discussion about this post

English   Indonesian

Pos-pos Terbaru

  • Pemerintah Siapkan Diskon Besar-besaran Sambut Nataru
  • Pajak Pro Rakyat: Gotong Royong yang Tak Pernah Pudar
  • Permintaan Tinggi, Kebun Kelapa Kini Lebih Untung dari Sawit
  • Kinerja Perbankan Tetap Solid Hingga Akhir 2025
  • Perkuat Program Kesehatan Finansial, OJK Sambut Ratu Maxima

Arsip

  • November 2025
  • Oktober 2025
  • September 2025
  • Agustus 2025
  • Juli 2025
  • Juni 2025
  • Mei 2025
  • April 2025
  • Maret 2025
  • Februari 2025
  • Januari 2025
  • Desember 2024
  • November 2024
  • Oktober 2024
  • September 2024
  • Agustus 2024
  • Juli 2024
  • Juni 2024
  • Mei 2024
  • April 2024
  • Maret 2024
  • Februari 2024
  • Januari 2024
  • Desember 2023
  • November 2023
  • Oktober 2023
  • September 2023
  • Agustus 2023
  • Juli 2023
  • Juni 2023
  • Mei 2023
  • April 2023
  • Maret 2023
  • Februari 2023
  • Januari 2023
  • Desember 2022
  • November 2022
  • Oktober 2022
  • September 2022
  • Agustus 2022
  • Juli 2022
  • Juni 2022
  • Mei 2022
  • April 2022
  • Maret 2022
  • Februari 2022
ADVERTISEMENT

Tentang Matrabisnis.id

Matrabisnis.id adalah media online pengembangan dari media cetak Matra Bisnis yang berbentuk tabloid dan terbit secara mingguan setiap hari Rabu. Matra Bisnis merupakan media cetak pertama di Kalimantan Barat, yang fokus pada berita-berita ekonomi dan terbit perdana pada tahun 2015.

Kategori

  • ADVERTORIAL
  • Bursa
  • Digital
  • Ekonomi Bisnis
  • Entertainment
  • Film
  • Internasional
  • Kedai
  • Kesehatan
  • Komoditi
  • Lifestyle
  • Musik
  • News
  • OPINI
  • Otomotif
  • PROMOTED
  • Properti
  • Sosok
  • Sport
  • Tak Berkategori
  • Tekno
  • Travel

Recent Posts

  • Pemerintah Siapkan Diskon Besar-besaran Sambut Nataru
  • Pajak Pro Rakyat: Gotong Royong yang Tak Pernah Pudar
  • Permintaan Tinggi, Kebun Kelapa Kini Lebih Untung dari Sawit
  • Kinerja Perbankan Tetap Solid Hingga Akhir 2025

Copyright Matra Bisnis @2023

No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti

Copyright Matra Bisnis @2023

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.