PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara 4 April 2024 – 14 April 2024 di seluruh Kalimantan. Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data secara rerata di seluruh Kalimantan sebesar 4 persen dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.
Lonjakan trafik tertinggi terjadi di Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan yaitu mencapai 40 persen. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran. Khusus Ibu Kota Nusantara (IKN) trafik menunjukkan kenaikan sebesar 7 persen.
Caretaker Kalimantan Area XL Axiata, Sarroso Dwi Panggah mengatakan, kenaikan trafik secara rerata di seluruh Kalimantan ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran. “Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,”tuturnya.
Berikut data kenaikan trafik per provinsi di Kalimantan selama periode Lebaran 2024:
- Kalimantan Barat, naik 7 persen.
- Kalimantan Selatan, naik 7 persen.
- Kalimantan Tengah, naik 1 persen.
- Kalimantan Utara, naik 22 persen.
- Kalimantan Timur, turun -2 persen.
Kenaikan trafik XL Axiata tertinggi di wilayah Kalimantan terjadi di tingkat kabupaten/kota:
- Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, naik sebesar 40 persen.
- Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, naik 29 persen.
- Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan, naik 27 persen.
- Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, naik 25 persen.
- Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, naik 22 persen.
- Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, naik 22 persen.
- Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, naik 17 persen.
- Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan, naik 17 persen.
- Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, naik 11 persen.
- Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, naik 7 persen.
Sejumlah lokasi tujuan wisata popular di Kalimantan juga mengalami kenaikan trafik antara 9 persen hingga 26 persen seiring dengan bertambah ramainya pengunjung di sepanjang libur Lebaran. Demikian pula di sejumlah bandar udara dan pelabuhan kapal laut, juga mengalami kenaikan antara 10 persen hingga 31 persen.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini. Kami sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan. Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial kemarin agar bisa segera bergerak jika ada problem.
“Seperti yang sudah kami prediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan. Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16 persen. Selain itu, kami juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis,” ujar Gede.
Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.
Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59 persen, disusul oleh web browsing sebesar 18 persen dan social media 15 persen. Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rerata hingga 135 persen, YouTube naik 17 persen, TikTok 14 persen, Netflix naik 42 persen, dan Spotify naik 23 persen. Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59 persen.
Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25 persen dan Meta (Facebook) 15 persen. Sementara itu web browsing naik 20 persen dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650 persen. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154 persen dibanding hari normal.
Discussion about this post