Bank Kalbar dengan komitmennya menggerakkan perekonomian daerah melalui usaha kerakyatan, yaitu UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) terus dibuktikan dengan selalu mengajak para pelaku UMKM mempromosikan produknya dalam setiap moment atau event pameran.
Tujuannya, selain memotivasi semangat wira usaha sekaligus mempromosikan keberadaan para pelaku usaha bersama produk yang dijualnya. Cara ini terbukti ampuh untuk membuat pelaku usaha berkembang dari kecil hingga naik kelas.
Dedi Marjani, penggerak Komunitas UMKM Kreatif Indonesia Provinsi Kalimantan Barat mengakui, bahwa peran Bank Kalbar sangat penting bagi keberlangsungan usaha UMKM.
Selain memiliki skema kredit yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha sesuai dengan bisnisnya, Bank Kalbar juga turut membantu memberikan pelatihan serta turut mempromosikan produk-produk mereka dalam setiap kegiatan.
“Kemitraan bersama Bank Kalbar memang penting bagi pelaku usaha. Karena selain mereka mendapatkan kemudahan mengakses pinjaman modal usaha, mereka juga terbantu dengan seringnya diikutkan dalam kegiatan-kegiatan pameran,” ujar Dedi.
Ditemui saat acara festival food beberapa waktu lalu, Dedi menempati salah satu booth yang disediakan oleh Bank Kalbar Syariah. Di situ dia memajang bermacam produk penganan ringan dari beberapa pelaku usaha, dari keripik, basreng, madu, kacang, amplang dan banyak lagi makanan ringan lainnya.
Karena dalam komunitas, Dedi sering dipercaya untuk memasarkan produk-produk UMKM di berbagai kegiatan yang didukung oleh Bank Kalbar. Ada sebanyak 40-an UMKM yang bergabung dalam komunitas UMKM tersebut, yakni dari Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.
“Mereka, pelaku UMKM tersebut memang menjalin kemitraan dengan Bank Kalbar dan mendapatkan pendampingan serta kemudahan-kemudahan, termasuk juga memfasilitasi pelatihan dan sertifikasi halal,” tutur Deni.
Discussion about this post