PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) kembali menegaskan kembali komitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), melalui program Tri Karsa XLSMART. Melalui inisiatif bertajuk Teman UMKM Naik Kelas.
XLSMART menghadirkan workshop pemberdayaan ekonomi digital yang menyasar 300 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Singkawang, Bengkayang, Sambas, dan Mempawah (atau dikenal sebagai Singbaswah).
Mengangkat tema inspiratif, Ngonten Buat Jualan, banyak Jalan Menuju Cuan, agenda ini merupakan wujud nyata kontribusi XLSMART dalam mendorong UMKM agar siap go digital dan go nasional, yang didukung penuh oleh infrastruktur jaringan XLSMART yang kini semakin luas dan stabil di seluruh Kalimantan pasca-integrasi.
Workshop yang diadakan di Venue Pavillion 78, Kota Singkawang pada Minggu, 12 Oktober 2025 ini diresmikan oleh Wakil Walikota Singkawang Muhammadin, SE, M.H., didampingi oleh Kadi Riyanto selaku CSR & Communication Channel XLSMART, dan Head of Sales Kalbartimteng Kalimantan Area XLSMART, Erichson Silitonga.

Group Head Corporate Communication & Sustainability XLSMART, Reza Zahid Mirza mengatakan, inisiatif strategis ini sejalan dengan visi XLSMART #BersamaMelajuTanpaBatas untuk tidak hanya membangun infrastruktur digital tetapi juga memastikan teknologi tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya para penggerak ekonomi lokal seperti UMKM.
“XLSMART berkomitmen untuk mendukung ekosistem digital yang inklusif di seluruh Indonesia, termasuk di Kalimantan Barat, khususnya di kota Singkawang dan sekitarnya,” ujarnya.
Kehadiran program yang diadakan di Singkawang ini, merupakan kota ke tiga dan juga kelanjutan dari kesuksesan agenda serupa yang sebelumnya telah sukses digelar di kota Pacitan pada 25 Agustus dan di kota Padang pada 25 September.
Hal ini membuktikan, bahwa fokus XLSMART untuk mendukung tranformasi digital dan pemberdayaan ekonomi lokal mencakup seluruh pelosok negeri. Bekerja sama dengan Kibarnesia, workshop ini dirancang sebagai solusi atas tantangan yang kerap dihadapi UMKM, seperti kesulitan membuat konten pemasaran yang efektif dan akses permodalan.
Discussion about this post