Integrasi dari layanan digital di kantor cabang ini, telah meningkatkan customer experience serta efisiensi layanan secara signifikan, yang dapat memungkinkan pembukaan tabungan, penggantian kartu dan proses pengkinian/maintenance Customer Information File (CIF) diselesaikan dalam waktu 5 menit melalui mesin Self-Service Banking.
Transformasi ini mencerminkan upaya Bank dalam menghadirkan layanan perbankan yang Simpler, Better and Faster, sekaligus mempertahankan layanan personal kepada para nasabah.
OCTO Mobile telah bertransformasi menjadi aplikasi digital banking yang terus mendukung nasabah digital savvy. Layanan utama seperti transfer BI-FAST, top-up e-wallet (seperti GoPay, OVO, ShopeePay), pembayaran QRIS, serta beragam pilihan pembayaran tagihan termasuk PDAM dan PBB siap mendukung aktivitas harian nasabah.
Pada periode ini, CIMB Niaga memperkenalkan beberapa inovasi baru, salah satunya QRIS Tap yaitu metode pembayaran contactless menggunakan perangkat Android dengan NFC.
Peluncuran QRIS Tap mendukung visi Bank Indonesia untuk pembayaran digital yang lebih mudah. Fitur lain adalah Click-to-Call, yang memungkinkan nasabah menghubungi layanan 14041 melalui koneksi internet. OCTO Mobile juga kini mendukung isi ulang TapCash, memperluas ekosistem top-up e-wallet yang tersedia dalam aplikasi.
#GetWealthSoon tetap menjadi tema andalan yang diusung untuk investasi digital. #GetWealthSoon bertujuan untuk terus mengedukasi dan mendorong kebiasaan investasi sejak dini di kalangan nasabah muda dan generasi melek digital.
Nasabah dapat berinvestasi dengan mudah di reksa dana, obligasi pemerintah ritel (misalnya SR022), dan obligasi sekunder (korporasi dan pemerintah) lewat OCTO. Nasabah juga dapat membuka rekening dengan 15 mata uang asing (seperti JPY, KRW, dan MYR), mengakses kurs valuta asing secara real-time, dan menghubungkan kartu debit ke akun FX pilihan untuk transaksi luar negeri.
OCTO terus berfokus untuk memberikan pengalaman digital optimal dan memiliki aspirasi untuk menjadi platform digital wealth terbaik di Indonesia. Saat ini OCTO telah memiliki deretan fitur unggulan termasuk kemampuan untuk membandingkan kinerja berbagai reksa dana atau obligasi, menampilkan data performa historis 5 tahun, dan kinerja portofolio bulanan. Rangkaian inovasi dan peningkatan fitur digital wealth akan terus dihadirkan sepanjang 2025 untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang terus berkembang.
OCTO Clicks senantiasa menjadi platform favorit nasabah untuk memenuhi kebutuhan perbankan dan investasi yang lebih lengkap. Salah satu fitur unggulannya adalah transaksi beli dan jual emas bekerja sama dengan Pegadaian, yang semakin melengkapi berbagai pilihan transaksi digital, investasi, dan layanan lainnya melalui internet banking CIMB Niaga.
Pengalaman digital wealth yang unggul, desain UI/UX yang menarik, serta fitur yang lengkap membuat OCTO semakin siap memanfaatkan tren digitalisasi. Transaksi finansial melalui OCTO (website dan aplikasi) meningkat sebesar 35 persen pada semester I 2025.
Pertumbuhan yang konsisten ini menunjukkan perubahan preferensi pengguna yang signifikan dan juga semakin tingginya kepercayaan nasabah terhadap kanal digital sebagai pilihan utama.
Selain itu, anak perusahaan PT CIMB Niaga Auto Finance (“CNAF”) juga telah mengembangkan aplikasi digitalnya sendiri bernama CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.
Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 395 cabang.
Per 30 Juni 2025, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 2.962 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 699.309 EDC, QR dan e-Commerce.
Kolaborasi CIMB Niaga, UNEP, UN Women, dan BASE Foundation untuk Memperluas Akses Pembiayaan UKM Wanita dan Mendukung Aksi Iklim
Sebagai wujud komitmen bersama dalam mendukung pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) yang dipimpin wanita atau kelompok rentan lainnya di Indonesia, CIMB Niaga menjalin kemitraan strategis dengan United Nations Environment Programme (UNEP) dan United Nations Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women (UN Women).
Kolaborasi ini dikoordinasikan oleh Basel Agency for Sustainable Energy (BASE Foundation), organisasi non-profit Swiss dan partner khusus UNEP yang ditunjuk sebagai perwakilan agensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tersebut,
Melalui program ini, CIMB Niaga menerima dana hibah yang akan digunakan untuk mensubsidi pembiayaan energi berkelanjutan bagi UKM yang memenuhi kriteria inklusi gender dan sosial.
Lani menyampaikan, bangga menjadi mitra UNEP, UN Women, dan BASE Foundation dalam memperluas akses pembiayaan untuk UKM wanita. Inisiatif tersebut memperkuat komitmen CIMB Niaga dalam mendukung pemberdayaan ekonomi wanita, memperluas keuangan inklusif, serta mendorong transisi menuju ekonomi rendah karbon yang berkelanjutan.
“Melalui program ini, CIMB Niaga akan memberikan pembiayaan bersubsidi penuh untuk implementasi solusi energi bersih dan berkelanjutan, seperti pembangkit listrik tenaga surya, biogas, kendaraan listrik, serta peningkatan efisiensi energi,” kata Lani. **
Discussion about this post