Untuk urusan digital, bank ini terbilang mumpuni. CIMB Niaga menghadirkan digital experience melalui model digital branch yang unik dengan memadukan fitur cabang konvensional dan digital lounge. Ada juga Digital Hub yang dilengkapi mesin Self Service Banking dan Self Service Tablet guna mempercepat layanan kepada nasabah.
Konsep ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital, namun tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga.
Integrasi dari layanan digital berhasil meningkatkan customer experience serta efisiensi layanan secara signifikan dan memungkinkan 80 persen dari pembukaan tabungan, penggantian kartu serta proses pengkinian/maintenance cutomer information file dapat diselesaikan hanya kurang dari lima menit melalui mesin Self-Service Banking.
Dalam mendukung pertumbuhan bisnisnya, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 407 cabang dan jaringan, termasuk 38 digital lounge.
Hingga akhir tahun 2024 lalu, jaringan bank ini secara nasional telah didukung oleh 3.265 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 634.948 EDC, QR serta e-Commerce.
Kontribusinya bagi Indonesia ditegaskan oleh CIMB Niaga dengan terus menguatkan komitmen terhadap keberlanjutan, termasuk pembiayaan keberlanjutan sebesar Rp 59,1 triliun (26 persen dari total pembiayaan bank) sepanjang tahun 2024, serta pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) Cakupan 1 dan 2 sebesar 32 persen dibandingkan tahun 2019.
“Inisiatif, seperti pembiayaan hijau untuk proyek energi terbarukan dan pencegahan polusi, pemasangan panel surya di salah satu gedung kantor pusat serta pembelian Sertifikat Terbarukan (Renewable Energy Certificates atau REC) telah berkontribusi dalam pencapaian bank tahun 2024,” jelas Lani.
Keberlanjutan merupakan prioritas utama bagi CIMB Niaga dalam menjalankan bisnis, dengan mensinergikan pertimbangan ekonomi lingkungan, sosial dan tata kelola dalam setiap proses perbankan.
“Ke depan kami akan terus mendorong penerapan model bisnis berkelanjutan dan investasi hijau di Indonesia, karena keberlanjutan hanya dapat tercapai melalui kolaborasi antara bank dan seluruh pemangku kepentingan,” tegas Lani.
Sejatinya, tak diragukan lagi kontribusi CIMB Niaga bagi Indonesia yang bisa dilihat dari berbagai program, aktivitas serta komitmen dengan mendukung pertumbuhan ekonomi dan menjadi mitra terbaik serta Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat di Tanah Air.
Di Pontianak, Kalimantan Barat CIMB Niaga yang sudah sangat dikenal sebagai bank yang selalu aman bagi nasabah ini, juga selalu menunjukkan komitmennya dengan menghadirkan pengalaman penuh nilai bagi para nasabah, mulai dari inspirasi personal, koneksi bisnis hingga hiburan berkualitas.
“Kami berharap, setiap momen yang dihadirkan mampu membangun kedekatan emosional dan memperkuat hubungan jangka panjang antara nasabah dan CIMB Niaga,” kata Head of Marketing, Brand & Customer Experience CIMB Niaga, Muhammad Firdaus Andjar dalam acara Malam Kejar Mimpi untuk Indonesia di Pontianak, pada pertengahan Mei 2025 lalu.
CIMB Niaga terus menghadirkan berbagai kegiatan inspiratif untuk nasabah di Pontianak. Sebelumnya, pada 2024 CIMB Niaga juga telah mengadakan NGOBIZ perpajakan, Kejar Mimpi Talk, dan menjalin kerja sama dengan Universitas Tanjungpura (Untan) untuk menghadirkan layanan perbankan bagi civitas akademika, sekaligus memperluas akses keuangan di lingkungan kampus.
Pada 2023, nasabah CIMB Preferred di Pontianak juga telah mengikuti ajang Wealth Xpo, yang memberikan wawasan terkini mengenai ekonomi dan strategi pengembangan aset.
Dengan semangat keberlanjutan dan pendekatan customer-centric, CIMB Niaga terus memperluas kontribusinya di berbagai daerah, termasuk Kalimantan Barat.
“Selain melalui Malam Kejar Mimpi untuk Indonesia, ke depan kami akan terus menghadirkan berbagai kegiatan dan inovasi guna meningkatkan loyalitas nasabah di Pontianak,” ujar Firdaus.
Mariany, Branch Area Head Jakarta A & Kalimantan Region Area VIII CIMB Niaga juga bilang, selain menghadirkan berbagai kegiatan menarik, CIMB Niaga pun melihat potensi pertumbuhan ekonomi di Pontianak yang besar dan perlu dukungan solusi perbankan yang adaptif dan releven.
“Melalui kombinasi layanan personal yang mengedepankan Work From Heart di kantor cabang dan layanan berbasis digital seperti OCTO Mobile dan OCTO Clicks untuk nasabah individu, BizChannel@CIMB untuk nasabah bisnis, dan OCTO Merchant untuk para pemilik merchant, kami ingin memberikan pengalaman perbankan yang efisien, nyaman, dan berkesan bagi nasabah. Kami berharap nasabah bisa lebih fokus dalam mengembangkan usaha dan mengelola keuangan dengan lebih bijak,” imbuh Mariany.
CIMB Niaga merupakan bagian dari CIMB Group, sebuah perusahaan jasa keuangan terkemuka dari Malaysia, kiprahnya tak diragukan lagi. Selama hampir tujuh dekade melayani Indonesia, kontribusinya bagi daerah pun sangat dirasakan di berbagai lini.
Kekuatan CIMB Niaga adalah, mampu mengikat masyarakat melalui berbagai program yang langsung menyentuh.
Selamat ulang tahun CIMB Niaga, teruslah bertumbuh membangun ekonomi masyarakat dan menjaga negeri. **
Penulis/Editor : Sri Yuliantiningsih
Discussion about this post