ADVERTISEMENT
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
Jumat, Oktober 3, 2025
Matrabisnis
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
MATRA BISNIS
No Result
View All Result
  • About matrabisnis.id
  • ads BW-Media
  • Ads Meikarta
  • Contact Us
  • Galery
  • Home Page
  • Matra Bisnis
  • MB-ads
  • Pedoman Media Cyber
  • Redaksi
ADVERTISEMENT
Home Digital

Trafik Data XL Axiata Naik Tinggi 44 Persen di Jawa Tengah

Matrabisnis by Matrabisnis
10 April 2025
in Digital
Reading Time: 4 mins read
A A
Jaringan XL Axiata. (ist)

Jaringan XL Axiata. (ist)

ADVERTISEMENT

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 14 persen. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 26 persen, trafik X meningkat 23 persen dan Meta (Facebook) 4 persen.

Sementara itu web browsing naik 12 persen dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 19 persen. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 19 persen dibanding hari normal.

READ ALSO

Indosat Hadirkan H3RO Land Dream Battle 2.0

XLSMART Implementasikan Registrasi SIM Card dengan Face Recognition

Secara nasional, Bandara dan Pelabuhan yang mengalami kenaikan sangat signifikan adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta sebesar 167 persen dan Pelabuhan Dermaga Merak sebesar 156 persen.

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di :

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
  1. Provinsi Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 44 persen.
  2. Provinsi, DIY dengan kenaikan sebesar 25 persen.
  3. Provinsi, Jawa Barat dengan kenaikan sebesar 20 persen.
  4. Provinsi, Jawa Timur dengan kenaikan sebesar 28 persen.
  5. Provinsi, Banten dengan kenaikan sebesar 10 persen.
  6. Provinsi, Nusa Tenggara Barat dengan kenaikan sebesar 29 persen.
  7. Provinsi, Lampung dengan kenaikan sebesar 29 persen.
  8. Provinsi, Sumatra Barat dengan kenaikan sebesar 23 persen.
  9. Provinsi, Sumatra Utara dengan kenaikan sebesar 23 persen.
  10. Provinsi, Aceh dengan kenaikan sebesar 23persen.

Di tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia, kenaikan trafik tertinggi terjadi di:

  1. Kota/Kab. Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, naik sebesar 74persen.
  2. Kota/Kab. Pandeglang Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 63persen.
  3. Kota/Kab. Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan, naik sebesar 62 persen.
  4. Kota/Kab. Bangkalan, Madura Provinsi Jawa Timur naik sebesar 52 persen.
  5. Kota/Kab. Sampang Madura Provinsi Jawa Timur naik sebesar 51 persen.
  6. Kota/Kab. Garut Provinsi Jawa Barat naik sebesar 49 persen.
  7. Kota/Kab. Lebak Provinsi Banten naik sebesar 46 persen.
  8. Kota/Kab. Cirebon Provinsi Jawa Barat naik sebesar 42 persen.
  9. Kota/Kab. Sukabumi Provinsi Jawa Barat naik sebesar 38 persen.
  10. Kota/Kab. Lombok Tengah Provinsi NTB naik sebesar 36 persen.

Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan tetap mengalami kenaikan pada saat Lebaran dibanding hari biasa, yaitu naik hingga sebesar 18 persen. Trafik tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu mengalami penurunan, kemungkinan dikarenakan tingkat perpindahan lokasi pelanggan berbeda dengan periode lebaran sebelumnya.

Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 27 persen.

Kenaikan trafik data juga terjadi pada layanan konvergensi XL SATU selama periode libur Lebaran ini dibandingkan hari biasa biasa masih ada pelanggan yang tidak mudik. Layanan yang paling banyak diakses oleh pelanggan XL SATU adalah:

  1. Layanan Instagram meningkat sebesar 18.8 persen.
  2. Layanan Youtube, meningkat sebesar 21 persen.
  3. Layanan Tik Tok, meningkat sebesar 7 persen.
  4. Layanan Youtube, meningkat sebesar 21 persen.

Adapun layanan Netflix dan Vidio meskipun banyak diakses namun mengalami penurunan sebesar 2 persen dan 21 persen. Saat ini secara keseluruhan jumlah pelanggan XL SATU mencapai lebih dari satu juta home connect.

Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk dengan mengerahan ratusan mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.

Saat ini XL Axiata melayani lebih dari 58,8 juta. Jaringan XL Axiata ditopang oleh lebih dari 165 ribu BTS, termasuk 111 ribu BTS 4G. Jaringan tulang punggung (backbone) ada sepanjang lebih dari 190 ribu km, yang menjangkau sebagian besar provinsi.

Untuk layanan fixed mobile convergence (FMC) menjangkau 127 kota/kabupaten dan akan terus bertambah luas. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.**

Page 2 of 2
Prev12
Tags: Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusakenaikan tertinggi sebesar 44  persen terjadi di Jawa Tengah.peningkatan trafik penggunaan dataXL axiata
ADVERTISEMENT
Previous Post

Presiden Peringatkan Jajarannya untuk Hapus Pertek

Next Post

Cerita Sukses Mujidi Mengelola Usaha Bersama Bank Kalbar

Related Posts

Indosat Hadirkan H3RO Land Dream Battle 2.0
Digital

Indosat Hadirkan H3RO Land Dream Battle 2.0

2 Oktober 2025
XLSMART Implementasikan Registrasi SIM Card dengan Face Recognition
Digital

XLSMART Implementasikan Registrasi SIM Card dengan Face Recognition

1 Oktober 2025
Indosat Luncurkan PaPeDa
Digital

Indosat Luncurkan PaPeDa

30 September 2025
Konektivitas Jadi Andalan Kemajuan Wisata
Digital

Konektivitas Jadi Andalan Kemajuan Wisata

28 September 2025
Indosat Luncurkan IDCamp 2025, Awali Target Melatih 2 Juta Talenta AI
Digital

Indosat Luncurkan IDCamp 2025, Awali Target Melatih 2 Juta Talenta AI

26 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu CE & SOC
Digital

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu CE & SOC

25 September 2025
Next Post
Cerita Sukses Mujidi Mengelola Usaha Bersama Bank Kalbar

Cerita Sukses Mujidi Mengelola Usaha Bersama Bank Kalbar

Indosat Catat Lonjakan Trafik Data 21 Persen di Idul Fitri 1446 H

Indosat Catat Lonjakan Trafik Data 21 Persen di Idul Fitri 1446 H

Tanggapi Proses Penegakan Hukum, BPKP Tegaskan Junjung Tinggi Profesionalisme

Tanggapi Proses Penegakan Hukum, BPKP Tegaskan Junjung Tinggi Profesionalisme

Discussion about this post

English   Indonesian

Pos-pos Terbaru

  • Indeks Menabung Konsumen Turun 1,6 Poin
  • Realisasi APBN Kalbar Menunjukkan Kinerja Optimal
  • DJP Kalbar Tekankan Pentingnya Pemanfaatan Aplikasi Coretax
  • Resmikan Gedung Main Dealer, Astra Motor Perkuat Layanan di Kalbar
  • Pesta Akbar Bikers Terbesar, Honda Bikers Day 2025 Dimulai
ADVERTISEMENT

Tentang Matrabisnis.id

Matrabisnis.id adalah media online pengembangan dari media cetak Matra Bisnis yang berbentuk tabloid dan terbit secara mingguan setiap hari Rabu. Matra Bisnis merupakan media cetak pertama di Kalimantan Barat, yang fokus pada berita-berita ekonomi dan terbit perdana pada tahun 2015.

Kategori

  • ADVERTORIAL
  • Bursa
  • Digital
  • Ekonomi Bisnis
  • Entertainment
  • Film
  • Internasional
  • Kedai
  • Kesehatan
  • Komoditi
  • Lifestyle
  • Musik
  • News
  • OPINI
  • Otomotif
  • PROMOTED
  • Properti
  • Sosok
  • Sport
  • Tak Berkategori
  • Tekno
  • Travel

Recent Posts

  • Indeks Menabung Konsumen Turun 1,6 Poin
  • Realisasi APBN Kalbar Menunjukkan Kinerja Optimal
  • DJP Kalbar Tekankan Pentingnya Pemanfaatan Aplikasi Coretax
  • Resmikan Gedung Main Dealer, Astra Motor Perkuat Layanan di Kalbar

Copyright Matra Bisnis @2023

No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti

Copyright Matra Bisnis @2023

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.