ADVERTISEMENT
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
Senin, November 17, 2025
Matrabisnis
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
MATRA BISNIS
No Result
View All Result
  • About matrabisnis.id
  • ads BW-Media
  • Ads Meikarta
  • Contact Us
  • Galery
  • Home Page
  • Matra Bisnis
  • MB-ads
  • Pedoman Media Cyber
  • Redaksi
ADVERTISEMENT
Home Digital

CEO XL Axiata Dorong Percepatan Inklusi Digital Berbasis Gender di Markas PBB

Matrabisnis by Matrabisnis
15 Maret 2025
in Digital
Reading Time: 4 mins read
A A
Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini (kiri) pada forum dunia Commission on the Status of Women ke-69 (CWS69) di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat.(ist)

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini (kiri) pada forum dunia Commission on the Status of Women ke-69 (CWS69) di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat.(ist)

ADVERTISEMENT

Hal ini semakin diperburuk oleh terdapat perbedaan dalam penggunaan internet antara laki-laki dan perempuan di Indonesia di mana menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, 78,19 persen untuk laki-laki dan 74,36 persen untuk perempuan yang mengakses internet.

Tantangan lainnya juga mencakup norma sosial budaya yang masih kuat, terutama di daerah konservatif yang sering kali membatasi ruang gerak perempuan dalam menggunakan teknologi secara aktif.

READ ALSO

XLSMART Raih Pertumbuhan Double Digit di Q3 2025

Awas Kejahatan Digital, 65 Persen Target Penipuan Terjadi Setiap Minggu

Data menunjukkan bahwa hanya 34 persen perempuan pelaku UMKM di Indonesia yang memanfaatkan platform digital untuk bisnisnya dibandingkan 54 persen laki-laki.

ADVERTISEMENT

Sementara itu menurut Komnas Perempuan, 2023, tingginya angka kekerasan berbasis gender online (KBGO), yang mencapai 80 persen korbannya adalah perempuan, turut memperbesar jurang digital yang ada.

ADVERTISEMENT

Sebagai respons terhadap tantangan tersebut, XL Axiata sejak tahun 2015 secara konsisten menjalankan program Sisternet, sebuah platform digital yang khusus didesain untuk meningkatkan kapasitas perempuan Indonesia melalui literasi digital, kewirausahaan digital (womenpreneur), dan edukasi tentang keamanan digital serta teknologi finansial.

Hingga awal 2025, program Sisternet telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 1 juta perempuan Indonesia, baik di perkotaan maupun pedesaan. Beberapa indikator kesuksesan Sisternet terlihat dari meningkatnya keterlibatan perempuan dalam bisnis digital, kemampuan perempuan mengelola usaha secara daring, serta meningkatnya kesadaran terhadap keamanan digital.

Selain melalui program eksternal seperti Sisternet, XL Axiata juga secara internal menunjukkan komitmennya terhadap isu gender melalui kebijakan Diversity & Inclusion. Saat ini, sekitar 33 persen posisi manajerial di XL Axiata ditempati oleh perempuan, melampaui rata-rata industri teknologi di Indonesia.

XL Axiata juga menyediakan berbagai program pelatihan kepemimpinan khusus bagi karyawan perempuan untuk mendorong mereka mencapai posisi-posisi strategis di masa depan.

Hal ini merupakan langkah nyata untuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, setara, dan mampu mendukung pengembangan karier perempuan secara maksimal.

Kehadiran XL Axiata di CSW69 bekerja sama dengan KPPPA, Microsave, dan Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) New York. Kolaborasi ini bertujuan memperkuat posisi Indonesia dalam forum internasional sekaligus memastikan rekomendasi strategis terkait inklusi digital berbasis gender dapat diimplementasikan secara nyata di tanah air.

Forum CSW69 menghasilkan beberapa rekomendasi utama, di antaranya menekankan pentingnya. Pertama, pemerataan akses digital bagi perempuan dan anak perempuan. Kedua, pendidikan digital yang responsif gender.

Serta ketiga, penguatan keamanan digital agar perempuan dapat menggunakan teknologi tanpa rasa takut terhadap KBGO. Rekomendasi ini menjadi pijakan strategis dalam mempercepat pencapaian SDG 5 menuju Indonesia Emas 2045.

Dengan partisipasi aktif di CSW69, XL Axiata kembali memperkuat komitmennya sebagai pemimpin transformasi digital yang inklusif, berkelanjutan, dan berkeadilan gender di Indonesia dan kawasan ASEAN.

XL Axiata bersama mitra-mitra strategis berencana memperluas dampak positif dari Sisternet dan program pemberdayaan perempuan lainnya melalui beberapa strategi utama: Menjadikan Sisternet sebagai layanan nilai tambah bagi seluruh pelanggan XL Axiata.

Memperluas kolaborasi dengan komunitas lokal dan internasional untuk menjangkau lebih banyak perempuan, terutama di wilayah terpencil.

Menyediakan materi edukasi yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik, seperti kewirausahaan digital, keamanan siber, fintech, dan e-commerce.**

Page 2 of 2
Prev12
Tags: Commission on the Status of Women ke-69 (CWS69)Kementerian PPPA Republik IndonesiaMarkas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) New Yorkmempercepat inklusi digital berbasis gender.Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Arifah FauziPemberdayaan PerempuanPresiden Direktur & CEO XL Axiata Dian SiswariniSisternetXL axiata
ADVERTISEMENT
Previous Post

Survei Dampak Kegiatan Tular Nalar, Perkuat Kesadaran Masyarakat

Next Post

Indosat Berdayakan Marbot di Kalimantan

Related Posts

XLSMART Raih Pertumbuhan Double Digit di Q3 2025
Digital

XLSMART Raih Pertumbuhan Double Digit di Q3 2025

14 November 2025
Awas Kejahatan Digital, 65 Persen Target Penipuan Terjadi Setiap Minggu
Digital

Awas Kejahatan Digital, 65 Persen Target Penipuan Terjadi Setiap Minggu

13 November 2025
Indosat, Nokia, dan NVIDIA Resmikan AI-RAN Research Center
Digital

Indosat, Nokia, dan NVIDIA Resmikan AI-RAN Research Center

12 November 2025
AXIS dan Nubia Luncurkan Bundling Smartphone Gaming Neo 3 Series
Digital

AXIS dan Nubia Luncurkan Bundling Smartphone Gaming Neo 3 Series

12 November 2025
Tiga Bulan Diluncurkan, Fitur Anti-Spam dan Anti-Scam Indosat Blokir Ratusan Juta Panggilan Berisiko
Digital

Tiga Bulan Diluncurkan, Fitur Anti-Spam dan Anti-Scam Indosat Blokir Ratusan Juta Panggilan Berisiko

9 November 2025
Jadikan AI sebagai Alat Pendorong Kreativitas Pembelajaran
Digital

Jadikan AI sebagai Alat Pendorong Kreativitas Pembelajaran

8 November 2025
Next Post
Indosat Berdayakan Marbot di Kalimantan

Indosat Berdayakan Marbot di Kalimantan

Informa Hadirkan Promo Menarik dengan Cashback Jutaan.

Informa Hadirkan Promo Menarik dengan Cashback Jutaan.

Asmo Kalbar Rayakan Idul Fitri dengan Promo Semarak Ramadan

Promo Semarak Ramadan, Asmo Kalbar Apresiasi Konsumen

Discussion about this post

English   Indonesian

Pos-pos Terbaru

  • Seruan Aksi kepada Pemimpin G20 di Afrika Selatan
  • CIMB Niaga Hadirkan Wealth Xpo 2025
  • Jawara Modifikator Pamerkan Karya di Pesta Akbar HMC 2025
  • Dari Sabang Hingga Merauke, 32.373 Bikers Jalin Persaudaraan di HBD 2025
  • Wamen HAM Dorong Mahasiswa Jadi Penggerak Nilai HAM di Ruang Digital

Arsip

  • November 2025
  • Oktober 2025
  • September 2025
  • Agustus 2025
  • Juli 2025
  • Juni 2025
  • Mei 2025
  • April 2025
  • Maret 2025
  • Februari 2025
  • Januari 2025
  • Desember 2024
  • November 2024
  • Oktober 2024
  • September 2024
  • Agustus 2024
  • Juli 2024
  • Juni 2024
  • Mei 2024
  • April 2024
  • Maret 2024
  • Februari 2024
  • Januari 2024
  • Desember 2023
  • November 2023
  • Oktober 2023
  • September 2023
  • Agustus 2023
  • Juli 2023
  • Juni 2023
  • Mei 2023
  • April 2023
  • Maret 2023
  • Februari 2023
  • Januari 2023
  • Desember 2022
  • November 2022
  • Oktober 2022
  • September 2022
  • Agustus 2022
  • Juli 2022
  • Juni 2022
  • Mei 2022
  • April 2022
  • Maret 2022
  • Februari 2022
ADVERTISEMENT

Tentang Matrabisnis.id

Matrabisnis.id adalah media online pengembangan dari media cetak Matra Bisnis yang berbentuk tabloid dan terbit secara mingguan setiap hari Rabu. Matra Bisnis merupakan media cetak pertama di Kalimantan Barat, yang fokus pada berita-berita ekonomi dan terbit perdana pada tahun 2015.

Kategori

  • ADVERTORIAL
  • Bursa
  • Digital
  • Ekonomi Bisnis
  • Entertainment
  • Film
  • Internasional
  • Kedai
  • Kesehatan
  • Komoditi
  • Lifestyle
  • Musik
  • News
  • OPINI
  • Otomotif
  • PROMOTED
  • Properti
  • Sosok
  • Sport
  • Tak Berkategori
  • Tekno
  • Travel

Recent Posts

  • Seruan Aksi kepada Pemimpin G20 di Afrika Selatan
  • CIMB Niaga Hadirkan Wealth Xpo 2025
  • Jawara Modifikator Pamerkan Karya di Pesta Akbar HMC 2025
  • Dari Sabang Hingga Merauke, 32.373 Bikers Jalin Persaudaraan di HBD 2025

Copyright Matra Bisnis @2023

No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti

Copyright Matra Bisnis @2023

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.