ADVERTISEMENT
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
Senin, Agustus 18, 2025
Matrabisnis
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
MATRA BISNIS
No Result
View All Result
  • About matrabisnis.id
  • ads BW-Media
  • Ads Meikarta
  • Contact Us
  • Galery
  • Home Page
  • Matra Bisnis
  • MB-ads
  • Pedoman Media Cyber
  • Redaksi
ADVERTISEMENT
Home Ekonomi Bisnis

Hadapi Dinamika Ekonomi, Stabilitas Jasa Keuangan Kalbar Tetap Terjaga

Matrabisnis by Matrabisnis
28 Februari 2025
in Ekonomi Bisnis
Reading Time: 4 mins read
A A
Rochma Hidayati, Kepala Kantor OJK Kalimantan Barat.

Rochma Hidayati, Kepala Kantor OJK Kalimantan Barat.

ADVERTISEMENT

Implementasi program Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) di Kalimantan Barat, yang mana mengamanatkan adanya orkestrasi gerakan literasi dan inklusi keuangan nasional di seluruh provinsi dan kabupaten/kota.

Peningkatan sinergi dan aliansi strategis dengan stakeholders terkait lainnya, diantaranya dengan Yayasan Parapreneur Indonesia Bahagia, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, Perkumpulan Wanita Islam (PWI) Kalimantan Barat, Fatayat Nadhlatul Ulama Kalimantan Barat, dan dengan Pokdarwis Benua Melayu Laut dan Gapoktan di Kelurahan Nyarumkop Singkawang Timur dalam rangka implementasi program Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) Wilayah Pedesaan.

READ ALSO

Topindo Terima Penghargaan Pemprov Kalbar

Bank Indonesia Kalbar Gelar Pekan QRIS Nasional 2025

Dalam rangka peningkatan literasi dan inklusi keuangan berbasis syariah, OJK telah melaksanakan 36 kegiatan yang diikuti oleh 7.745 peserta di 12 Kabupaten/Kota, dengan beberapa highlight kegiatan yaitu: implementasi rangkaian kegiatan Gebyar Ramadan Keuangan Syariah (GERAK Syariah), program Ekosistem Pesantren Inklusif Keuangan Syariah (EPIKS) di Pondok Pesantren Darul Fikri, Kubu Raya, dan kegiatan bersama KDEKS Kalimantan Barat melalui literasi program pembiayaan, kampanye waspada aktivitas keuangan ilegal dan sertifikasi halal kepada 1.000 pelaku UMKM di Kalimantan Barat.

Di sisi perlindungan konsumen, OJK mencatat terdapat 204 pengaduan konsumen yang disampaikan secara tertulis ke OJK Kalimantan Barat dengan pengaduan terbanyak pada sektor Perusahaan Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi, atau yang umum dikenal dengan Financial Technology sebanyak 98 pengaduan (48,03 persen), disusul sektor Perbankan sebanyak 58 pengaduan (28,43 persen), dan sektor Perusahaan Pembiayaan Konvensional sebanyak 41 pengaduan (20,09 persen), dan sisanya sebanyak 7 pengaduan pada sektor jasa keuangan lainnya.

Berdasarkan jenis permasalahan, permasalahan Perilaku Petugas Penagihan merupakan yang terbanyak diadukan sebanyak 88 pengaduan (43,13 persen) yang sebagian besar di sektor Perusahaan Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi, disusul permasalahan Sistem Layanan Informasi Keuangan sebanyak 19 pengaduan (9,31 persen) dan selanjutnya permasalahan Restrukturisasi/Relaksasi Kredit/Pembiayaan/Pinjaman sebanyak 16 pengaduan (7,84 persen).

ADVERTISEMENT

Dalam rangka pencegahan dan penanganan aktivitas keuangan ilegal di Kalimantan Barat, OJK Kalimantan Barat melaksanakan 26 kegiatan pencegahan melalui kegiatan literasi keuangan dan kampanye waspada aktivitas keuangan ilegal kepada 8.935 peserta, dan 2 kali rapat koordinasi dengan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalimantan Barat.

Selanjutnya, untuk layanan pemberian Informasi Debitur (iDeb) melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK, sepanjang tahun 2024 telah diberikan 8.927 layanan, terdiri dari 5.228 permintaan online, dan 3.699 secara walk in ke Kantor OJK Kalimantan Barat. Jumlah ini meningkat 61,31 persen yoy dibanding tahun 2023, yang tercatat sebanyak 5.534 layanan.

ADVERTISEMENT

“Keseluruhan upaya ini menunjukkan komitmen OJK Kalimantan Barat, untuk terus mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat di Kalimantan Barat, sekaligus melindungi hak-hak konsumen demi menciptakan ekosistem keuangan yang inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD)

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Barat bersama Pemerintah Provinsi dan 14 Kabupaten/Kota berkomitmen mempercepat akses keuangan melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Hingga tahun 2024, terdapat 15 TPAKD yang aktif dengan delapan tema program kerja dan 18 program inklusi keuangan.

Program-program ini mencakup pemberdayaan UMKM, perluasan akses keuangan, digitalisasi UMKM, proteksi usaha pertanian dan peternakan, literasi investasi, serta program jaminan sosial. Dengan penyesuaian program di tiap daerah, berbagai inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan secara merata di seluruh Kalimantan Barat.

Dari segi capaian, TPAKD Kalimantan Barat mencatat realisasi keseluruhan sebesar 116,13 persen, dengan beberapa indikator melebihi target. Pilar literasi keuangan mencapai 200 persen dari target, sementara optimalisasi produk dan layanan mencatat realisasi 90,80 persen. Infrastruktur akses keuangan melebihi target dengan capaian 108,94 persen, dan asistensi pendampingan mencapai 100 persen.

Kabupaten/Kota juga menunjukkan performa yang baik dengan capaian agregat rata-rata 126,9 persen. Faktor pendorongnya termasuk koordinasi aktif, asistensi OJK, serta atmosfer kolaborasi antara pemerintah daerah dan sektor jasa keuangan, yang menciptakan sinergi lebih efektif dan efisien.

Beberapa pencapaian utama tahun 2024 meliputi penghargaan KEJAR Award bagi Kalimantan Barat, perluasan titik akses keuangan ke 83,63 persen desa/kelurahan, serta peningkatan cakupan Jaminan Sosial Kesehatan dari 88,25 persen menjadi 91,81 persen. Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan juga mengalami pertumbuhan signifikan dengan kenaikan jumlah peserta sebesar 24,87 persen.

“OJK Kalimantan Barat terus berperan sebagai mitra strategis pemerintah daerah, memberikan asistensi, inisiasi program, serta monitoring dan evaluasi guna memperluas akses keuangan yang inklusif dan berkelanjutan di wilayah tersebut, kata Rochma.**

Page 2 of 2
Prev12
Tags: dinamika ekonomikinerja yang positifOtoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Baratstabilitas sektor jasa keuangan di Kalimantan Baratterjaga dengan baik
ADVERTISEMENT
Previous Post

Perluas Pasar, BEI Luncurkan Foreign Index Futures

Next Post

ILO Soroti Pentingnya Praktik Bisnis Bertanggung Jawab

Related Posts

Topindo Terima Penghargaan Pemprov Kalbar
Ekonomi Bisnis

Topindo Terima Penghargaan Pemprov Kalbar

17 Agustus 2025
Bank Indonesia Kalbar Gelar Pekan QRIS Nasional 2025
Ekonomi Bisnis

Bank Indonesia Kalbar Gelar Pekan QRIS Nasional 2025

17 Agustus 2025
DJP Kalbar Luncurkan Taxpayers’ Charter
Ekonomi Bisnis

DJP Kalbar Luncurkan Taxpayers’ Charter

15 Agustus 2025
XLSMART Tetapkan Susunan Direksi Baru Pasca Merger
Ekonomi Bisnis

XLSMART Tetapkan Susunan Direksi Baru Pasca Merger

13 Agustus 2025
Dinamika Perumda Aneka Usaha Kalbar Butuh Sentuhan Tangan Dingin
Ekonomi Bisnis

Dinamika Perumda Aneka Usaha Kalbar Butuh Sentuhan Tangan Dingin

8 Agustus 2025
LPS Optimis, Sistem Keuangan Indonesia Tetap Tumbuh
Ekonomi Bisnis

LPS Optimis, Sistem Keuangan Indonesia Tetap Tumbuh

8 Agustus 2025
Next Post
ILO Soroti Pentingnya Praktik Bisnis Bertanggung Jawab

ILO Soroti Pentingnya Praktik Bisnis Bertanggung Jawab

Sisternet dan Kementerian PPPA Berdayakan Warga Binaan

Sisternet dan Kementerian PPPA Berdayakan Warga Binaan

Kewajiban Perpajakan Pengusaha Kratom Dinilai Kurang Baik

Kewajiban Perpajakan Pengusaha Kratom Dinilai Kurang Baik

Discussion about this post

English   Indonesian

Pos-pos Terbaru

  • Topindo Terima Penghargaan Pemprov Kalbar
  • Bank Indonesia Kalbar Gelar Pekan QRIS Nasional 2025
  • Satu Lagi Pebalap Indonesia Berlaga di MotoGP, Arbi Jadi Pebalap Pengganti
  • KLHN 2025 Hadirkan Semangat Layanan Lebih Dekat, Lebih Hangat Bagi Konsumen Motor Honda
  • XLSMART Hadirkan BeRagam Promo Spesial Kemerdekaan
ADVERTISEMENT

Tentang Matrabisnis.id

Matrabisnis.id adalah media online pengembangan dari media cetak Matra Bisnis yang berbentuk tabloid dan terbit secara mingguan setiap hari Rabu. Matra Bisnis merupakan media cetak pertama di Kalimantan Barat, yang fokus pada berita-berita ekonomi dan terbit perdana pada tahun 2015.

Kategori

  • ADVERTORIAL
  • Bursa
  • Digital
  • Ekonomi Bisnis
  • Entertainment
  • Film
  • Internasional
  • Kedai
  • Kesehatan
  • Komoditi
  • Lifestyle
  • Musik
  • News
  • OPINI
  • Otomotif
  • PROMOTED
  • Properti
  • Sosok
  • Sport
  • Tak Berkategori
  • Tekno
  • Travel

Recent Posts

  • Topindo Terima Penghargaan Pemprov Kalbar
  • Bank Indonesia Kalbar Gelar Pekan QRIS Nasional 2025
  • Satu Lagi Pebalap Indonesia Berlaga di MotoGP, Arbi Jadi Pebalap Pengganti
  • KLHN 2025 Hadirkan Semangat Layanan Lebih Dekat, Lebih Hangat Bagi Konsumen Motor Honda

Copyright Matra Bisnis @2023

No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti

Copyright Matra Bisnis @2023

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.