Melalui kolaborasi ini, Pendopo memberikan edukasi kepada para finalis UMKM perempuan tentang persiapan memasuki pasar ritel. Dimana para peserta mendapatkan pelatihan khusus terkait standar produk yang layak dijual di ritel, termasuk kemasan, branding, dan manajemen bisnis.
Selain itu, Pendopo juga membuka peluang bagi peserta KMP 2024 untuk menjadi tenan di gerai Pendopo, memberikan akses yang lebih luas ke pasar konsumen. Direktur Pendopo, Tasya Widya Krisnadi, mengungkapkan, Pendopo sangat mengapresiasi kerja sama dengan XL Axiata melalui Sisternet dalam mendukung pengembangan UMKM perempuan.
“Kolaborasi ini memungkinkan kami turut memberikan edukasi dan peluang bagi finalis untuk mempersiapkan diri memasuki pasar ritel. Kami percaya UMKM adalah pilar penting perekonomian Indonesia dan menjadi sarana pemberdayaan perempuan. Dengan dukungan ini, kami optimis dapat mendorong karya-karya terbaik UMKM lokal untuk bersaing di pasar nasional maupun internasional,”kata dia.
Berikut 20 finalis dari berbagai daerah di Indonesia yang akan memaparkan rencana bisnis mereka di hadapan para juri: Asmita – Hijasmita (Jakarta), Ayu Meivitasari Mulyoningtyas – AMEV (Jakarta), Yuli Dwi Ayu Kartika – Petime.id (Surabaya), Dyah Puspitarini – Kiddy Mealbox (Kediri), Eka Pratiwi Hadiyani – Kopi Setengah Serious (Surabaya), Endah Porwanti – CV Ingat Selalu Ceilo (Surabaya).
Selanjutnya, Eva Sari Tampubolon – PAGi (Denpasar), Faradilla Putri Imami – Nayera Scarf (Surabaya), Fauzia Puspa Lestari – Gulalibooks (Bandung), Intan Rahmaningtyas – Lestari Jamuku (Jakarta), Mahastuti Ida Ayu P – Strawberry Patch (Jakarta Selatan), Maya Efiarni Eka Putri – Arnis Cake and Cookies (Bandar Lampung), Melyana Khohari – Simpati Lombok Kuning (Makassar), Ni Luh Putu Chintya Arsani – Simona Kebaya (Denpasar), Nir Aini Shaesarita – Sampurasun Bandung (Bandung).
Rini Setyowati – Bumbu Wilona (Surabaya), Riska Dwi Noviyanti – WeGrow (Yogyakarta), Rizki Amalia – Nagra (Tangerang), Robiatul Adawiyah – Tjakraningrat (Sampang, Madura), Santi Krisantina Hakim – Meraki Cipta Rasa (Jakarta).
XL Axiata berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan UMKM Perempuan di Indonesia dengan menyediakan berbagai program melalui program Sisternet, akses teknologi dan layanan digital yang dapat membantu mereka meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan daya saing di era digital.
Melalui Sisternet serta kolaborasi strategis dengan Pendopo, Saat ini sudah ada 890.000 perempuan yang sudah bergabung di Aplikasi Sisternet. Dan Sisternet Kompetisi Modal Pintar 2024Â diharapkan dapat terus mendorong pertumbuhan dan pemberdayaan UMKM perempuan di Indonesia agar semakin kompetitif dan berdaya saing, baik di pasar lokal maupun internasional.**
Discussion about this post