Jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL Axiata selama liburan Nataru mencapai sekitar 310 ribu pelanggan, mengalami kenaikan sekitar 5 persen dari tahun sebelumnya. Negara yang paling banyak dikunjungi Singapore, Malaysia, Combodia.
Streaming mendominasi
Dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusul File access, dan Game. Untuk trafik layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 68 persen.
Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 10-15 persen dari hari normal, Instagram, 23 persen. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 8 persen, Tiktok 4 persen. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 30Â persen.
Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify dan Joox masih sama dengan hari normal. Untuk gim, trafik tertinggi ada pada Roblox sebesar 106% dari hari normal. Lalu Mobile Legends, naik 73 persen.
Pada layanan streaming film, trafik Netflix naik 35 persen dibandingkan hari normal, WeTV, 39 persen, Amazon Prime Video, 29 persen, dan Disney+, 13 persen. Dan seperti biasanya selama masa libur panjang, trafik ke layanan peta juga meningkat. Waze GPS meningkat sebesar 40 persen, dan Google Maps meningkat sebesar 23 persen, dan sementara trafik Apple Map sama dengan hari normal.
Untuk layanan XL Home juga mengalami kenaikan trafik sebesar 12-15 persen jika dibandingkan dengan hari normal. Hal ini disebabkan karena masyarakat juga banyak yang menikmati liburan natal dan tahun baru di rumah.
Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 158 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.
XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.**
Discussion about this post