ADVERTISEMENT
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
Selasa, Juli 1, 2025
Matrabisnis
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
MATRA BISNIS
No Result
View All Result
  • About matrabisnis.id
  • ads BW-Media
  • Ads Meikarta
  • Contact Us
  • Galery
  • Home Page
  • Matra Bisnis
  • MB-ads
  • Pedoman Media Cyber
  • Redaksi
ADVERTISEMENT
Home Ekonomi Bisnis

OJK Kalbar Terima 47 Pengaduan Konsumen

Matrabisnis by Matrabisnis
10 Juli 2023
in Ekonomi Bisnis
Reading Time: 2 mins read
A A
Maulana Yasin, Kepala Kantor OJK Kalbar.(matra)

Maulana Yasin, Kepala Kantor OJK Kalbar.(matra)

ADVERTISEMENT

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Barat mencatat hingga akhir Mei 2023, menerima  sebanyak 47 pengaduan konsumen yang terdata dalam Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK).

Sebanyak 38 pengaduan di antaranya dinyatakan telah selesai/ditutup, 7 pengaduan dalam tahapan menunggu tanggapan konsumen, dan sisanya 2 pengaduan masih dalam proses penanganan oleh PUJK (Pelaku Usaha Jasa Keuangan).

READ ALSO

Terobosan Baru Pegadaian: Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas

GIWATA Borneo Expo 2025 X Gebyar Kalbar Dibuka

“Dari sisi jenis PUJK yang dilaporkan, terdiri dari 16 pengaduan konsumen perbankan, 13 pengaduan konsumen perusahaan pembiayaan, 12 pengaduan konsumen perusahaan fintech, 5 pengaduan konsumen perasuransian, dan 1 pengaduan konsumen Manajer Investasi, “jelas Maulana Yasin, Kepala Kantor OJK Kalbar, Senin 10 Juli 2023.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

Dia menjelaskan, dari sisi jenis permasalahan yang diadukan, 5 isu/permasalahan terbanyak dilaporkan terkait persoalan klaim, perilaku petugas penagihan, kegagalan/keterlambatan transaksi dan produk/layanan tidak sesuai penawaran, yang secara gabungan mencapai 40,42 persen dari total pengaduan.

Untuk Layanan SLIK (Sistem Informasi Layanan Keuangan), baik secara online maupun walk in, Kantor OJK Provinsi Kalimantan Barat telah merealisasikan 2.173 layanan SLIK, terdiri dari 1.358 online dan 815 walk in.

“Jumlah ini secara tahunan (yoy) meningkat drastis dibanding periode yang sama di tahun 2022 yang tercatat sebanyak 152 layanan,” ujar Maulana.

Peningkatan signifikan ini, didorong oleh peningkatan jumlah layanan SLIK walk in sebesar 552 persen, kemudian layanan SLIK online yang meningkat sebesar 71,25 persen.

Page 1 of 2
12Next
Tags: 47 pengaduan konsumenKepala Kantor OJK KalbarMaulana YasinOtoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Barat
ADVERTISEMENT
Previous Post

Kinerja Industri Jasa Keuangan Kalbar Tetap Terjaga

Next Post

Sukses Terapkan Transformasi Digital XL Axiata Raih SPEx2 Awards 2023

Related Posts

Terobosan Baru Pegadaian: Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas
Ekonomi Bisnis

Terobosan Baru Pegadaian: Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas

28 Juni 2025
GIWATA Borneo Expo 2025 X Gebyar Kalbar Dibuka
Ekonomi Bisnis

GIWATA Borneo Expo 2025 X Gebyar Kalbar Dibuka

28 Juni 2025
DJPb Ungkap Kinerja APBN di Kalbar Tetap Ekspansif
Ekonomi Bisnis

DJPb Ungkap Kinerja APBN di Kalbar Tetap Ekspansif

28 Juni 2025
Raih Mimpi Bersama Bank Kalbar, Coffee Shop Ruang Kertjah Sukses
Ekonomi Bisnis

Raih Mimpi Bersama Bank Kalbar, Coffee Shop Ruang Kertjah Sukses

28 Juni 2025
Informa Raih Penghargaan Ritel Furnitur Terbaik di Asia
Ekonomi Bisnis

Informa Raih Penghargaan Ritel Furnitur Terbaik di Asia

28 Juni 2025
Disuport Bank Kalbar, Metro Sport Sukses Tembus Pasar Nasional
Ekonomi Bisnis

Disuport Bank Kalbar, Metro Sport Sukses Tembus Pasar Nasional

27 Juni 2025
Next Post
Sukses Terapkan Transformasi Digital XL Axiata Raih SPEx2 Awards 2023

Sukses Terapkan Transformasi Digital XL Axiata Raih SPEx2 Awards 2023

PDB Kalimantan Tempati Posisi Tiga setelah Sumatera

PDB Kalimantan Tempati Posisi Tiga setelah Sumatera

Promo Honda Back To School, Nikmati Diskon Angsuran

Promo Honda Back To School, Nikmati Diskon Angsuran

Discussion about this post

English   Indonesian

Pos-pos Terbaru

  • Terobosan Baru Pegadaian: Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas
  • SIMPATI Sang Trendsetter Kini Lebih Digital
  • GIWATA Borneo Expo 2025 X Gebyar Kalbar Dibuka
  • DJPb Ungkap Kinerja APBN di Kalbar Tetap Ekspansif
  • Raih Mimpi Bersama Bank Kalbar, Coffee Shop Ruang Kertjah Sukses
ADVERTISEMENT

Tentang Matrabisnis.id

Matrabisnis.id adalah media online pengembangan dari media cetak Matra Bisnis yang berbentuk tabloid dan terbit secara mingguan setiap hari Rabu. Matra Bisnis merupakan media cetak pertama di Kalimantan Barat, yang fokus pada berita-berita ekonomi dan terbit perdana pada tahun 2015.

Kategori

  • ADVERTORIAL
  • Bursa
  • Digital
  • Ekonomi Bisnis
  • Entertainment
  • Film
  • Internasional
  • Kedai
  • Kesehatan
  • Komoditi
  • Lifestyle
  • Musik
  • News
  • OPINI
  • Otomotif
  • PROMOTED
  • Properti
  • Sosok
  • Sport
  • Tak Berkategori
  • Tekno
  • Travel

Recent Posts

  • Terobosan Baru Pegadaian: Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas
  • SIMPATI Sang Trendsetter Kini Lebih Digital
  • GIWATA Borneo Expo 2025 X Gebyar Kalbar Dibuka
  • DJPb Ungkap Kinerja APBN di Kalbar Tetap Ekspansif

Copyright Matra Bisnis @2023

No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti

Copyright Matra Bisnis @2023

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.