Menyambut momen Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (NARU), Telkomsel memastikan kesiapan dukungan infrastruktur konektivitas dan layanan digital terdepan melalui Program Telkomsel Siaga yang mengusung tema Satukan Semangat, Bangkit Lebih Kuat.
Telkomsel secara konsisten telah memastikan kesiapan jaringan broadband dan ketersediaan ragam layanan digital terkini, yang diharapkan dapat menunjang kenyamanan aktivitas telekomunikasi bagi para pelanggan.
Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengucapkan selamat memperingati Hari Natal bagi masyarakat yang merayakan dan selamat menyambut Tahun Baru dengan penuh optimisme.
” Dengan Program Telkomsel Siaga, kami terus berupaya menunjang kenyamanan aktivitas telekomunikasi dan digital dengan menyiapkan kapabilitas serta keunggulan teknologi jaringan broadband terdepan, melalui penyediaan kualitas, kapasitas, cakupan jaringan yang merata dan setara hingga pelosok negeri,” jelas Nugroho.
“Menyongsong pergantian tahun kali ini, kami juga ingin menyatukan semangat bangsa dengan optimisme, melampaui keterbatasan untuk terus berdaya dan bangkit lebih kuat,” tambah dia.
Selama momen perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Telkomsel memproyeksikan adanya lonjakan trafik layanan data (payload)sebesar 17,6 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa, dengan total payload diperkirakan mencapai 52,5 petabyte atau tumbuh 19,1 persen apabila dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya.

Proyeksi pertumbuhan layanan data tersebut, diperkirakan akan didorong oleh lonjakan pada sejumlah pemanfaatan akses layanan berbasis digital, mulai dari layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 31,7 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,8 persen.
Sementara layanan streamingvideo meningkat sekira 29,4 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,6 persen, akses browsing naik 24,1 persen, dan akses layanan e-commerce tumbuh sekira 35 persen. Diperkirakan, trafik layanan SMS akan meningkat sebesar 7,9 persen, dan layanan panggilan suara akan turun 3 persen.
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi tersebut, Telkomsel telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan pada 493 titik wilayah prioritas di seluruh Indonesia, yang berpotensi mengalami pertumbuhan trafik telekomunikasi secara signifikan.
Fokus wilayah prioritas tersebut mencakup 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan COVID-19, dan 2 tempat ibadah.
Nugroho lebih lanjut menjelaskan, bahwa Telkomsel juga telah mengintegrasikan hingga 25.000 unit BTS 4G/LTE baru, menyiagakan tambahan 61 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), dan meningkatkan kapasitas internet gateway hingga 9,212 Gbps.
Di samping itu, Telkomsel pun melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia dan melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/virtual.
Khusus Regional Kalimantan tercatat ada 35 Point of Interest (POI) yang tersebar di Kalimantan, terdiri atas beberapa kategori, di antaranya 2 POI Airport/Pelabuhan, 1 POI Hospital, 11 POI Residential, serta 21 POI Special Area/Mall.
“Rangkaian aktivitas pengamanan jaringan telah dilakukan Telkomsel untuk mendukung kenyamanan dan kelancaran pelanggan dalam beraktivitas digital selama periode NARU khususnya di Kalimantan, termasuk menghadirkan 2 BTS 4G baru serta 1 unit BTS combat,” jelas Saptono, General Manager Network Deployment and Control Telkomsel Pamasuka
Selain itu, optimalisasi jaringan berupa drive test dan rehearsal test juga dilakukan untuk memastikan semua jaringan bisa terjaga dan termonitor dengan baik.
Dalam rangka menunjang kenyamanan aktivitas telekomunikasi dan digital bagi para pelanggannya selama periode NARU, Telkomsel Regional Kalimantan juga telah memastikan ketersediaan ragam produk dan layanan dengan menghadirkan 3 Posko Utama di Mall E-Walk Balikpapan, Duta Mall Banjarmasin, dan Perumahan RTA Milono Palangkaraya. Termasuk menghadirkan 10 Posko Reguler dan 364 Outlet Siaga yang tersebar di Kalimantan.
Saat puncak NARU, payload (traffic penggunaan data) di Kalimantan, diprediksi mengalami kenaikan sebesar 16.3 persen dibandingkan hari biasa dan naik sebesar 24.2 persen dibandingkan periode NARU di tahun sebelumnya. Sedangkan prediksi voice traffic (penggunaan telepon) mengalami penurunan 4.8 persen dibandingkan hari biasa.
Dalam rangka menunjang kenyamanan aktivitas telekomunikasi dan digital bagi para pelanggannya selama periode NARU, Telkomsel juga telah memastikan ketersediaan ragam produk dan layanan unggulannya bagi masyarakat Indonesia. Berbagai program dan promo spesial bagi pelanggan, juga dihadirkan untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan dalam menikmati keseruan momen NARU di seluruh penjuru Indonesia.
Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit menjelaskan, momen perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 merupakan momen bahagia penuh kebersamaan dan harapan yang dinanti oleh seluruh keluarga Indonesia.
Discussion about this post