ADVERTISEMENT
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
Minggu, Juli 6, 2025
Matrabisnis
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti
No Result
View All Result
MATRA BISNIS
No Result
View All Result
  • About matrabisnis.id
  • ads BW-Media
  • Ads Meikarta
  • Contact Us
  • Galery
  • Home Page
  • Matra Bisnis
  • MB-ads
  • Pedoman Media Cyber
  • Redaksi
ADVERTISEMENT
Home Digital

Pasti Ada Jalan Menata Kehidupan

Matrabisnis by Matrabisnis
25 Oktober 2022
in Digital
Reading Time: 4 mins read
A A
Odos Yunus, mitra driver Gojek.(matra)

Odos Yunus, mitra driver Gojek.(matra)

ADVERTISEMENT

Cilakanya lagi, pernah selama dua bulan, tidak ada order sama sekali. Itu dialami Odos beberapa bulan lalu. Kalau sudah begini, keluarga mau makan apa. Akhirnya, Odos terpaksa menggadaikan BPKB kendaraannya untuk menutupi kebutuhan keluarga. “Anak saya masih kecil, butuh susu, sementara istri hanya ibu rumahtangga biasa. Order tidak ada masuk sama sekali. Ya terpaksa saya gadai surat motor,” tutur Odos.

Odos juga tidak tahu apa masalah yang membuat orderannya sepi. Dia bertanya ke pihak customer servis Gojek, jawaban yang didapat hanya diminta untuk selalu mutar-mutar atau mangkal di restoran atau lokasi-lokasi yang ramai. Padahal menurut Odos, itu sudah pasti dilakukan para mitra driver.

READ ALSO

SIMPATI Sang Trendsetter Kini Lebih Digital

SheHacks 2025 Menggerakkan Perempuan Jadi Pendorong Digital

“Ya, ibarat ikan, tak perlu diajari berenang, dia sudah tahu dan paham caranya. Begitu pula kita yang di lapangan ini, hanya kita yang paling paham di mana titik-titik yang menghasilkan order. Tak perlu mutar-mutar, yang hanya menambah biaya tinggi pengisian BBM,” kata Odos sempat kesal.

Nah, baru pada 7 Oktober 2022 lalu, order mulai lancar kembali. Odos pun lega. Namun, ketika order lancar pun tetap menguji kesabaran. Lantaran kelakuan konsumen macam-macam. Banyak yang baik, tapi ada pula yang tega membohongi pengojek.

ADVERTISEMENT

Odos bercerita, pernah ada orderan masuk. Odos menjemput dan mengantar sesuai permintaan. Di suatu jalan masuk sebuah gang, biasa ada polisi tidur yang membuat kendaraan harus berjalan pelan. Nah, ketika pelan itulah, eh, penumpangnya melompat. Tentu saja Odos kaget. Sang penumpang ogah membayar dengan alasan pemesan order bukan dirinya, melainkan temannya.

Odos dengan sabar akhirnya menghubungi pengorder tersebut, yang kemudian mau bertanggung jawab untuk membayar. Namun Odos merasa tak enak, sebab dia bukanlah penumpang yang diantar langsung. Odos pun tak mau menerima ongkos tersebut, namun hanya minta tolong memberi bintang di smartphone pengorder tersebut.

Belum lagi pesanan beli antar makanan atau GoFood. Odos pun mengaku beberapa kali mengalami nasib apes. Dia pernah menerima pesanan belanja bayar di tempat alias COD. Pemesannya minta dibelikan skincare seharga Rp 200 ribu, namun setelah diantar ternyata isinya bukan skincare. Odos mau komplain juga tak bisa, sebab tak punya nota pembelian. “Ya itu, memang salah kita, karena kita percaya, sehingga tak butuh nota pembelian. Akhirnya apes, gak bisa dikomplain,” ucap Odos.

Kejadian seperti ini malah dialami Odos dua kali, yang satunya lagi senilai Rp 500 ribu. Pemesannya adalah orang kaya dengan berkendara mobil. Odos berpikir tak mungkin orang kaya bohong. Namun, faktanya, dia ketipu juga. “Itulah, ternyata kita tak boleh silau dengan penampilan seseorang,” cetusnya.

Odos kembali bercerita, pernah mendapat order pesanan ayam KFC, nilainya Rp 700 ribu, namun pemesannya ternyata fiktif. Untungnya bisa klaim ke perusahaan Gojek, karena ada nota belanja. Pesanan tersebut, akhirnya diberikan Odos ke sebuah panti asuhan.

ADVERTISEMENT

Tapi bagi Odos, itu merupakan resiko pekerjaan. Termasuk bekerja sebagai mitra driver. “Resiko bekerja di jalanan, ya kalau nggak nabrak bisa ditabrak. Tapi sebagai pekerja, kita harus selalu berusaha meminimalisir resiko tersebut,” ucap Odos.

Soal persaingan mitra driver dengan bermunculannya aplikasi baru, Odos bilang tak khawatir. Karena Gojek itu punya pelanggan-pelanggan yang fanatik dan tak mau beralih ke aplikasi lain. “Gojek itu paling stabil, konsumen kita tak mau beralih ke aplikasi lain, walaupun tarif pesaing lebih murah,” kata Odos.

Odos Yunus memang tak pernah putus asa dalam mengais rejeki. Bagi dia, rejeki sudah ada yang mengatur. Banyak atau sedikit yang didapat, harusnya selalu disyukuri. Karena angka-angka itu relatif adanya. Mau cukup atau tidak, bergantung pada pengelolaan. **

Penulis / Editor : Yuli.S

Page 2 of 2
Prev12
Tags: Gojekmitra driverOdos Yunusselalu ada jalan
ADVERTISEMENT
Previous Post

Inklusi Keuangan Dorong Tingkatkan Kesejahteraan

Next Post

Berpotensi Benzena, Unilever Tarik Shampo Kering Dove

Related Posts

SIMPATI Sang Trendsetter Kini Lebih Digital
Digital

SIMPATI Sang Trendsetter Kini Lebih Digital

28 Juni 2025
SheHacks 2025 Menggerakkan Perempuan Jadi Pendorong Digital
Digital

SheHacks 2025 Menggerakkan Perempuan Jadi Pendorong Digital

26 Juni 2025
XLSMART Luncurkan Bundling 120GB untuk Dua Smartphone
Digital

XLSMART Luncurkan Bundling 120GB untuk Dua Smartphone

26 Juni 2025
IM3 Platinum Luncurkan Platinum Club
Digital

IM3 Platinum Luncurkan Platinum Club

25 Juni 2025
Lebih 70 Ribu Mahasiswi Ikut Female Future Leader 1
Digital

Lebih 70 Ribu Mahasiswi Ikut Female Future Leader 1

25 Juni 2025
XLSMART Dukung Aceh Perluas Jaringan Konektivitas Lebih Baik
Digital

XLSMART Dukung Aceh Perluas Jaringan Konektivitas Lebih Baik

21 Juni 2025
Next Post
Berpotensi Benzena, Unilever Tarik Shampo Kering Dove

Berpotensi Benzena, Unilever Tarik Shampo Kering Dove

Gojek Beri Diskon 80 Persen Khusus HUT Pontianak

Gojek Beri Diskon 80 Persen Khusus HUT Pontianak

Galeri Investasi Syariah ke 700 Diresmikan di UM Pontianak

Galeri Investasi Syariah ke 700 Diresmikan di UM Pontianak

Discussion about this post

English   Indonesian

Pos-pos Terbaru

  • Gebyar Muharram 1447 H, MTXLSMART Berbagi dan Peduli Yatim Piatu
  • OJK Tegaskan Tidak Terlibat Penawaran IPO PT Investindo Public Optima
  • Peringati HUT ke 61, Bank Kalbar Gelar Khitanan Massal dan Donor Darah
  • Inflasi Kalbar 1,2 Persen, Penyumbangnya Udang dan Ikan Tongkol
  • Asmo Kalbar dan HWBC Gelar Nocturnal Riding Dukung UMKM
ADVERTISEMENT

Tentang Matrabisnis.id

Matrabisnis.id adalah media online pengembangan dari media cetak Matra Bisnis yang berbentuk tabloid dan terbit secara mingguan setiap hari Rabu. Matra Bisnis merupakan media cetak pertama di Kalimantan Barat, yang fokus pada berita-berita ekonomi dan terbit perdana pada tahun 2015.

Kategori

  • ADVERTORIAL
  • Bursa
  • Digital
  • Ekonomi Bisnis
  • Entertainment
  • Film
  • Internasional
  • Kedai
  • Kesehatan
  • Komoditi
  • Lifestyle
  • Musik
  • News
  • OPINI
  • Otomotif
  • PROMOTED
  • Properti
  • Sosok
  • Sport
  • Tak Berkategori
  • Tekno
  • Travel

Recent Posts

  • Gebyar Muharram 1447 H, MTXLSMART Berbagi dan Peduli Yatim Piatu
  • OJK Tegaskan Tidak Terlibat Penawaran IPO PT Investindo Public Optima
  • Peringati HUT ke 61, Bank Kalbar Gelar Khitanan Massal dan Donor Darah
  • Inflasi Kalbar 1,2 Persen, Penyumbangnya Udang dan Ikan Tongkol

Copyright Matra Bisnis @2023

No Result
View All Result
  • News
  • Komoditi
  • Travel
  • Otomotif
  • Entertainment
    • Lifestyle
    • Musik
    • Film
  • Sosok
  • Galery
  • Sport
  • Properti

Copyright Matra Bisnis @2023

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.