PANDEMI Covid-19 telah memicu salah satu krisis pasar tenaga kerja terburuk yang mempengaruhi sekira 29 juta pekerja di Indonesia pada Agustus 2020. Angka ini menambah pelik situasi untuk sekira 7 juta pencari kerja, yang masih sulit mendapatkan pekerjaan, di mana 2,6 juta pekerja turut kehilangan pekerjaan dan 24 juta lainnya mengalami pemotongan jam kerja dan upah sebagai imbas pandemi.
Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), bersama Kementerian Ketenagakerjaan dan Pemerintah Jepang, bergabung dalam memulihkan situasi ketenagakerjaan, dengan memperkuat sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di tingkat perusahaan, guna memastikan keberlanjutan bisnis dan perlindungan pekerja. Tujuan lainnya adalah, untuk membangun budaya K3 yang positif, demi terciptanya lingkungan kerja yang aman dan sehat secara nasional.
Pemerintah Jepang memperkuat sistem manajemen K3 dengan proyek senilai 1,6 juta dolar AS yang diperuntukkan bagi 1.521 tempat kerja, dan telah menjangkau 22.154 pekerja, juga berfungsi sebagai platform advokasi untuk pemahaman, kesadaran, dan tindakan K3 yang lebih baik. Proyek ini telah menjangkau 15.218 orang di Indonesia.
“Dengan proyek yang berkolaborasi dengan banyak mitra dan pemangku kepentingan yang berbeda, ini telah menunjukkan pentingnya dan keserbagunaan proyek untuk mendukung berbagai kebutuhan K3 dari berbagai sektor,” kata Ida Fauziyah, Menteri Ketenagakerjaan, pada acara penutupan Proyek ILO bertajuk Meningkatkan Pencegahan Covid-19 melalui tempat kerja, Selasa 20 September 2022 di Jakarta.
Ida Fauziyah, menekankan pentingnya pemajuan prinsip dan budaya K3 agar Indonesia lebih tangguh dalam menghadapi dan menghadapi krisis di masa depan seperti pandemi Covid-19 saat ini.
Dia menilai, proyek ini juga mempertemukan mitra kerja utama seperti antara lain konfederasi serikat pekerja, Perhimpunan Dokter Kesehatan Kerja Indonesia (IDKI), Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Proyek ini juga bekerja sama dengan organisasi jurnalistik, untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya K3 dalam mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa.
Discussion about this post