Untuk layanan video conference Zoom, meskipun sepertinya juga mulai dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersilaturahmi, namun karena ada libur sekolah dan cuti karyawan maka trafik pemakaiannya relative stagnan, cenderung menurun.
Pada layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekira 48 persen dibanding hari normal.
Khusus Kalimantan, layanan instant messenger, trafik pemakaian layanan Meta (Facebook) messenger meningkat 22 persen, sementara whatsapp relatif stabil.
Sementara itu, pada layanan social network, trafik Twitter meningkat 7 persen dan Meta (Facebook) 21 persen. Layanan lainnya juga mengalami kenaikan trafik, antara lain belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 3 persen, sedangkan web browsing naik 25 persen.
Layanan telekomunikasi SMS dan voice mengalami kenaikan/penurunan, masing-masing sebesar plus 6 persen dan minus 3 persen dibandingkan hari biasa.
Di sisi lain, pengganti layanan voice, yaitu VoLTE mengalami kenaikan signifikan hingga 13 persen dibandingkan hari normal. Layanan VoLTE yang berbasis data memiliki fungsi yang sama dengan voice, dengan keunggulan pada kejernihan suara, serta bisa dilakukan bersamaan dengan akses ke layanan data lainnya.
Secara biaya, pelanggan juga tidak perlu membayar tersendiri, cukup menggunakan paket data yang dimiliki.
Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan data secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 23 persen, Jawa Timur 24 persen, dan Jawa Barat 20 persen.
Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan data di wilayah Sumatera Bagian Utara secara rerata trafik data naik sebesar 21 persen, Sumatera Bagian Selatan 17 persen, Kalimantan 17 persen, Sulawesi 14 persen, Bali-Lombok-Sumbawa 19 persen.
Dari area kota/kabupaten, secara nasional, lima kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Sampang naik sebesar 41 persen, Bangkalan naik 39 persen, Lombok Tengah naik 35 persen, Brebes naik 33 persen, dan Purwakarta naik 25 persen.
Trafik data khusus di seluruh Kalimantan 17 persen. Lima besar trafik data tertinggi di Kalimantan terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur, sebesar 26 persen, di Tanah Bumbu 21 persen, Tanah Laut 19 persen, Banjar 17 persen, dan di Kota Banjarmasin 15 persen.
“Meskipun tidak sebesar di Jawa, data monitoring XL Axiata juga mencatat terjadinya perpindahan pelanggan dari kota-kota besar wilayah Kalimantan juga cukup dinamis. Perpindahan yang cukup terlihat antara lain dari Banjarmasin dan sekitarnya, Pontianak, Balikpapan, Samarinda, Palangkaraya. Sementaraitu, kota yang menjadi tujuan perpindahan adalah Kabupaten Sambas, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah dan Kapuas,” kata Gede. **
Editor Yuli.S
Discussion about this post