Kenaikan lalu lintas internet disumbang penggunaan aplikasi pesan instan dan konferensi video, yang naik 21 persen dan game sebesar 17 persen dibandingkan hari biasa. Telkomsel juga mencatat penggunaan video streaming naik 16 persen dan media sosial 3 persen.
Aktivitas belanja online di e-commerce dan berselancar di internet tercatat menurun, masing-masing 38 persen dan 7 persen.
Aplikasi yang paling banyak digunakan selama momen bulan suci tahun ini diduduki WhatsApp, naik 35 persen, TikTok (naik 16 persen) dan Instagram (15 persen). Penggunaan YouTube dan Facebook juga naik, masing-masing sebesar 13 persen dan 1 persen.
Bersamaan dengan kebijakan pemerintah yang mengizinkan masyarakat untuk mudik pada musim liburan ini, Telkomsel menemukan da pergerakan pelanggan yang cukup siginifikan dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ke arah Jawa Barat (kedatangan pelanggan naik 13 persen), Jawa Tengah (17 persen) dan Jawa Timur (6 persen). **
Discussion about this post