Asal tahu saja, Astra Honda Motor (AHM) merupakan pihak pertama yang meluncurkan CB150X di dunia, yang saat itu bertepatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Ada dua alasan, mengapa prisipal Honda mempercayakan Indonesia sebagai peluncuran lokasi CB150X di dunia.
Pertama, secara pasar, motor sport Indonesia itu boleh dikatakan di negara Asia, untuk sport di bawah 250cc, marketnya masih signifikan besar.
Ke dua, pengguna motor sport di Indonesia sangat beragam. Jika sebelumnya hanya segmen naked dan full fairing, maka belakangan market on/off road atau off road ikut berkembang.
“Jadi kita melihat, akan mengembangkan bagaimana orang bisa punya daily riding tapi juga punya off road ussage atau touring, makanya untuk kategori sport, Â Indonesia kelihatan marketnya besar,” kata Antofany.
Dia bilang, di segmen sport juga lebih beragam. Kalau di negara lain itu mungkin tidak, kalau full fairing, full fairing saja. Kemudian naked itu sudah tidak banyak, rerata full fairing, tapi di Indonesia variannya banyak sekali.
Konsep utama CB150X adalah, pengembangan bagaimana menyatukan kebutuhan orang untuk berkendara harian, tapi juga bisa nyaman dipakai jalan jauh.
“Nah makanya kita melihat ini sangat penting sekali buat Indonesia, orang yang punya jiwa petualang seperti CRF dan CB seperti kombinasi, kita menciptakan segmen baru,” ucapnya.
Basis yang digunakan pada New Honda CB150X dari CB150R StreetFire atau CBR150R yang tentu saja dengan beberapa penyesuaian. Contohnya untuk suspensi depan, tetap menggunakan model upside down tapi dengan jarak main yang lebih panjang. Stroke suspensi telah diperpanjang 30 mm dibanding dengan milik CBR150R.
Selain bikin tampilan jadi tampak gagah, penambahan jarak main tersebut diklaim membuat lebih nyaman saat dipakai menerabas berbagai kondisi medan tak rata. Dan tentunya, juga membuat ground clearance dari CB150X tinggi, yaitu 181 mm.
Mesin basisnya pun dari CBR150R, bedanya, ada perubahan di karakter tenaga dan torsi. Yakni yang dibikin lebih kuat di putaran bawah sampai menengah. Ini agar sesuai dengan peruntukan CB150X, yang digunakan untuk turing. **
Data spesifikasi New Honda Cb150X :
P x L x T: 2.031 x 796 x 1.309 mm
Jarak sumbu roda: 1.315 mm
Jarak terendah: 181 mm
Tinggi jok: 817 mm
Berat kosong: 139 kg
Kapasitas tangki: 12 liter
Tipe mesin: 1 silinder 4 langkah DOHC 4 katup
Sistem pendinginan: Cairan
Sistem pengabutan: PGM-FI
Kapasitas mesin: 149,16 cc
Bore x stroke: 57,3 x 57,843 mm
Rasio kompresi: 11,3:1
Transmisi: manual 6 percepatan
Sistem starter: elektrik
Tipe kopling: Majemuk, basah dengan coil spring
Pelumasan: basah
Kapasitas oli: 1,1 liter (penggantian periodik)
Tipe rangka: Diamond, steel
Ban depan: 100/80-17 M/C 52P, tubeless
Ban belakang: 130/70-17 M/C 62P, tubeless
Rem depan: wavy disc brake
Rem belakang: wavy disc brake
Suspensi depan: Showa 37 mm inverted telescopic, 150 mm stroke
Suspensi belakang: Lengan ayun dengan suspensi tunggal (sistem pro-link)
Sistem pengapian: Full transisterized
Tipe aki: MF-wet 12V-5 Ah. **
Editor Yuli.S
Discussion about this post